Breaking News:

Berita Malang

Media Online Adukan Dua Akun IG Atas Dugaan Serangan Doxing ke Jurnalisnya

Aduan resmi ke Polresta Malang Kota itu dilakukan oleh Chief Operating Officer (COO) nusadaily.com, Bagus Ary Wicaksono. Didampingi oleh AE selaku

TRIBUNJATIM.com/ Kukuh Kurniawan
Media online melaporkan akun Instagram di Malang 

Reporter : Kukuh Kurniawan | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Nusadaily.com secara resmi mengadukan akun Instagram @mmgachannel dan @aaayyyuuubbb_ ke Polresta Malang Kota, Kamis (8/4/2021). Dua akun IG itu diadukan ke polisi, karena diduga telah melakukan doxing terhadap dua jurnalis nusadaily.com berinisial AE dan L.

Aduan resmi ke Polresta Malang Kota itu dilakukan oleh Chief Operating Officer (COO) nusadaily.com, Bagus Ary Wicaksono. Didampingi oleh AE selaku korban dugaan serangan doxing, aduan tersebut sudah disampaikan dan diterima oleh Bagian Humas Polresta Malang Kota.

Chief Operating Officer (COO) NusaDaily.com, Bagus Ary Wicaksono mengungkapkan, jurnalis nusadaily.com mengalami serangan doxing atau pelacakan dan pembongkaran data identitas seseorang.

Baca juga: Detik-detik Menegangkan Perampok di Gresik Dipergoki Warga, Motor Pelaku Dibakar, Lihat Nasibnya

Pembongkaran identitas pribadi dengan tujuan negatif itu, terkait dengan karya jurnalistik korban. Yaitu sebuah berita yang berjudul Rumah Dinas Wali Kota Malang Dilempari Flare dan Surat Pesawat Kertas, Ini Isinya. Dimana artikel berita itu terbit pada Senin (5/4/2021) pukul 21.05 WIB.

Lalu pada tanggal yang sama, pada pukul 21.50 WIB, artikel berita itu kemudian dikoreksi dengan judul Rumah Dinas Wali Kota Malang Dilempari Surat Pesawat Kertas, Ini Isinya.

"Namun, akun @mmgachannel sampai hari ini masih menayangkan data pribadi jurnalis kami yang berinisal AE dan L. Penayangan itu mendiskreditkan kedua jurnalis kami, dan membuat AE menerima perlakuan tidak menyenangkan dan bullying di akun Instagramnya dan WhatsApp akibat dari doxing," ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan selain akun tersebut, akun IG @aaayyyuuubbb_ juga menyebarkan data pribadi AE.

"Kemudian AE juga menerima 50 lebih Direct Message (DM) tak menyenangkan hingga video chat di Instagram. Permintaan pertemanan hingga sekitar 300 akun. Dan karena peristiwa ini, AE bahkan sampai mengungsi dari rumahnya. Untuk diketahui AE adalah anak yatim piatu yang tinggal sendirian di rumah," bebernya.

Sementara itu untuk jurnalis nusadaily.com berinisal L menerima 3 DM, 10 permintaan pertemanan, dan 3 tag. Namun semuanya bernada tidak menyenangkan.

Selain itu Bagus menambahkan, nusadaily.com yang mengalami doxing juga kehilangan kepercayaan di masyarakat, padahal pihaknya sudah melakukan koreksi berita.

"Diduga semua fakta yang disajikan nusadaily.com dianggap hoaks, karena serangan doxing akun @mmgachannel," tandasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved