Breaking News:

Ramadan 2021

Ketua MUI Jatim Prof. Dr. H. M. Mas’ud Said, MM: Puasa Double Track di Tengah Pandemi

Puasa duble track maksudnya ialah kita sudah berpuasa secara medis, dan berpuasa secara syariat agama.

ISTIMEWA
Ketua MUI Jawa Timur, Prof. Dr. H. M. Mas’ud Said, MM 

Oleh: Ketua MUI Jawa Timur Prof. Dr. H. Mas'ud Said MM

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Double track adalah gambaran mengenai sesuatu yang dilaksanakan dengan dua jalur secara bersamaan.

Puasa duble track maksudnya ialah kita sudah berpuasa secara medis, dan berpuasa secara syariat agama.

Puasa kita kali ini bisa disebut demikian sebab sebelum Ramadhan 1442 H tiba di bulan April 2021, sudah setahun lebih penduduk dunia harus berpuasa akibat virus yang menjadi penyebab lebih dari 2,7 juta penduduk dunia wafat.

Kalau puasa diartikan sebagai pengendalian diri dan berpantang, untuk membatasi diri, untuk tidak melakukan sesuatu, maka 14 bulan masa Pandemi kita ini telah semacam dipaksa untuk mengendalikan diri, berpuasa.

Puasa juga telah terlihat dari kesendirian dan tangisan putus asa, taubat jutaan 94 juta pasien Covid-19.

Sebagai manusia kita banyak memiliki bakat, nafsu, dan sifat. Walau manusia diciptakan sebagai sebaik baiknya makhluk Allah memberi sifat tercela, sifat serakah, sifat angkara murka.

Oleh sebab itulah diwajibkan atas manusia berpuasa, tidak pandang bulu, dia beragama apa saja, ada kewajiban puasa (QS. Al Baqarah, 183-184).

Kalau puasa dimaknai dengan mendekat Tuhan Dzat tempat meminta dan bermohon, maka hakikat puasa bisa kita lihat dari doa dan harapan serta tangisan batin untuk memohon pertolongan keluarga yang antre untuk mendapat mukjizat kesembuhan dari-Nya lah kiranya kita bisa melihat kesadaran itu.

Apabila puasa adalah sebuah rahasia dimana hanya Allah yang kakan menilainya, maka kita lihat hakekat puasa di sela sela teka teki, dicurahkannya semua keahlian, teknologi canggih dan cemas gagal.

Prof Dr H M Mas’ud Said MM
Prof Dr H M Mas’ud Said MM (ISTIMEWA)
Halaman
1234
Editor: Taufiqur Rohman
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved