Breaking News:

Berita Probolinggo

Ikut Program Pemberdayaan Komunitas, Perpustakaan Karta Patriot Terpilih Ikuti Lomba Tingkat Jatim

Dengan ikut program pemberdayaan komunitas, perpustakaan Karta Patriot Desa Brumbungan Lor Probolinggo terpilih mengikuti lomba tingkat Jawa Timur

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo saat berkunjung ke perpustakaan Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Karang Taruna / Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo yang tergabung dalam Heppiii Community ditunjuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo, untuk ikut berkompetisi dalam lomba perpustakaan di tingkat Jawa Timur.

Karta Patriot memiliki perpustakaan yang dikelola langsung oleh komunitas anak-anak muda desa setempat dengan sangat profesional .

Pemilihan Karta Patriot sebagai satu-satunya wakil dari Probolinggo karena selama ini perpustakaan mereka aktif berkegiatan dan dapat memberi nilai manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar.

Saat pandemi Covid-19 misalnya, komunitas anak-anak muda di Karta Patriot membuka Ruangan Belajar Online (RBO) untuk kalangan pelajar hingga mahasiswa.

Di perpustakaan milik Karta Patriot disediakan internet gratis, kemudian bahan bacaan yang melimpah, bahkan untuk hari-hari tertentu anggota Karta Patriot juga memberikan bimbingan belajar kepada pelajar di desa setempat.

Bermula dari pemberdayaan komunitas anak-anak muda desa setempat inilah akhirnya perpus Karta Patriot ditunjuk oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo untuk menjadi duta daerah dalam lomba perpustakaan desa di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Perpustakaan Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo ini juga menjadi rujukan desa lain maupun sejumlah organisasi untuk mengelola perpustakaan termasuk mengelola organisasi karang taruna.

Karta Patriot juga pernah dikunjungi DPRD kabupaten, kota, maupun provinsi terkait pengelolaan karta tersebut.

Ketua Karang Taruna Patriot Desa Brumbungan Lor, Faqih Rizky Muhammad, mengatakan sebagai persiapan lomba, akhir pekan kemarin perpustakaan Karta Patriot dikunjungi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo.

Dalam kunjungan itu, pihak dinas menilai fasilitas seperti internet, komputer, ratusan koleksi buku, termasuk ruangan yang representatif dan banyak kegiatan menarik menjadi alasan penunjukan Karta Patriot mengikuti lomba tingkat provinsi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved