Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Beberapa Penyebab Tumit Sakit dan Cara Mengatasinya

Inilah beberapa penyebab tumit sakit dan cara mengatasinya, ada plantar fasciitis hingga bursitis. Apa itu? Berikut penjelasannya!

Editor: Dwi Prastika
Freepik by karlyukav
Penyebab tumit sakit dan cara mengatasi tumit sakit. 

TRIBUNJATIM.COM - Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang, namun tidak terlalu dihiraukan adalah nyeri pada tumit atau sakit tumit. Padahal penyebab tumit sakit itu sendiri sangatlah beragam, bisa saja satu masalah yang sederhana atau bisa juga karena penyakit berbahaya.

Perlu diingat kalau itu adalah penyakit yang berbahaya, maka kalian harus mengetahuinya sedini mungkin untuk bisa mengatasinya. Nah jadi sebenarnya kita perlu tahu apa saja sih penyebabnya.

Penyebab Sakit Tumit

Sebenarnya kebanyakan sakit pada tumit itu diakibatkan oleh pergerakan kita sehari-hari yang mungkin kurang tepat. Ada jaringan yang mengalami cedera yang biasanya membuat tumit akan terasa nyeri ataupun juga sakit yang luar biasa. Dan memang ada beberapa kondisi cedera pada jaringan tumit yang jadi penyebab.

Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kondisi yang menyebabkan tumit menjadi sakit.

1. Memar pada Lemak Kulit

Ini menjadi salah satu kondisi cedera yang menyebabkan tumit terasa sakit, di mana ini terjadi kalau menginjak benda keras. Pada saat kita menginjak benda yang keras seperti batu, maka bantalan lemak yang ada di tumit itu akan memar. Hal tersebut tentu saja akan membuat tumit jadi terasa sangat sakit.

2. Plantar Fasciitis

Ini merupakan salah satu kondisi di mana ligamen atau penghubung antartulang (plantar fascia) yang ada di bawah kaki mengalami peradangan. Hal ini biasanya terjadi ketika kita terlalu sering melompat ataupun terlalu sering berlari sehingga menyebabkan ligamen/jaringan penghubung/plantar fascia mengalami peradangan. Itu akan menyebabkan tumit terasa sedikit sakit.

“Selain itu, faktor lain yang bisa menyebabkan mengalami plantar fasciitis adalah kegemukan, usia 40-60 tahun, cara jalan tertentu, pekerjaan yang mengharuskan banyak berdiri/berjalan, menggunakan sepatu yang kurang mensupport/cushion,” ujar tim dokter Jovee dan Lifepack, dr Irma Lidia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved