Breaking News:

Kampus Surabaya

Unair Buka Peluang Kerja Sama Pendidikan di 10 Universitas di Prancis

Universitas Airlangga bahkan melakukan penguatan program internasionalisasi. Dengan membahas kemungkinan kerjasama Unair dengan universitas di Prancis

Sulvi Sofiana/ surya
Pembahasan penjajakan kerja sama antara Unair Surabaya dengan Prancis. 

Reporter : Sulvi Sofiana | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penerapan program Kampus Merdeka: Merdeka Belajar (KMMB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tak hanya dilakukan antar perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas Airlangga (unair) bahkan melakukan penguatan program internasionalisasi. Dengan membahas kemungkinan kerjasama Unair dengan universitas di Prancis.

Wakil Atase Kerja Sama Universitas, Annisa Fauziah mengungkapkan ada lebih dari sepuluh universitas di Perancis yang siap merealisasikan program KMMB untuk diikuti Unair.

”Berdasar data kami, UNAIR menjadi salah satu universitas di Indonesia yang memiliki alumni terbanyak lulusan kampus di Prancis. Ada 30 mahasiswa,” ujarnya dalam kunjungan ke Unair, Kamis (28/4/2021).

Tahun ini, lanjut Annisa, perguruan tinggi di Indonesia menjadi salah satu prioritas target kerja sama perguruan tinggi Prancis.

Mengingat, Kemdikbud telah merealisasikan program KMMB, maka salah satu wujudnya adalah optimalisasi mobilitas mahasiswa ke luar negeri.

Baca juga: Mensos, Risma Datangi ITS-Unair Untuk Bantuan Atasi Bencana

”Ada lebih dari sepuluh perguruan tinggi Perancis yang telah mengajukan proposal ke kami untuk kami komunikasikan ke Kemdikbud untuk program LPDP. Ini yang kami dorong untuk diikuti Unair,” katanya kepada TribunJatim.com.

Tahun ini terdapat kuota seribu mahasiswa Indonesia untuk Prancis. Dan akan dilipatkan 10 kali tahun depan, sekitar 10.000 mahasiswa.

"Terkait kebijakan pandemi Covid-19, Prancis memberikan kebebasan Visa belajar jangka panjang (lebih dari 90 hari) untuk mahasiswa," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved