Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Alergi Makanan, Ini Perbedaan Alergi pada Anak dan Orang Dewasa

Berikut ini penyebab, gejala dan cara mengobati alergi makanan atau food allergy, ini perbedaan alergi yang terjadi pada anak dan orang dewasa.

Freepik by photoroyalty
Ilustrasi alergi makanan 

TRIBUNJATIM.COM - Alergi makanan atau food allergy adalah reaksi alergi pada makanan tertentu yang muncul sesaat setelah mengonsumsinya. Gejala dari alergi makanan dapat berupa mual hingga muntah, ruam di kulit, pembengkakan di wajah, serta sulit bernapas. Ketahui apa saja penyebab dan penanganan alergi makanan serta obat alergi makanan yang sesuai di artikel berikut ini.

Penyebab Terjadinya Alergi Makanan

Pada kebanyakan kasus, alergi makanan disebabkan tubuh yang salah mengira bahwa protein yang terkandung pada makanan tertentu merupakan sebuah ancaman. Sehingga, tubuh memberikan respons dengan cara mengeluarkan senyawa kimia yang memicu reaksi alergi. Imunoglobulin E (IgE) dilepaskan sebagai reaksi antibodi saat terdapat pemicu alergi yang masuk ke tubuh.

Reaksi alergi terhadap makanan termasuk ke dalam reaksi ringan. Namun pada beberapa kasus, alergi makanan yang hebat dapat mengancam nyawa. Beberapa reaksi alergi menyebabkan napas terasa sesak hingga kesulitan bernapas, sehingga perlu segera ditangani.

Alergi makanan bisa muncul pada anak-anak. Namun, beberapa orang menunjukkan reaksi alergi yang baru muncul di usia dewasa. Pada umumnya, makanan yang dapat memicu alergi pada anak-anak akan berbeda dengan orang dewasa.

Pada anak-anak, reaksi alergi akan muncul ketika mengonsumsi makanan seperti kacang, kedelai, telur, susu sapi, dan juga gandum. Sedangkan pada orang dewasa, reaksi alergi biasanya muncul pada makanan seperti kerang, udang, kepiting, ikan, dan beberapa jenis kacang-kacangan tertentu.

Gejala Alergi Makanan

Sebagian gejala alergi makanan telah disebutkan di awal. Namun, beberapa reaksi alergi juga bisa menunjukkan gejala yang berbeda. Gejala dari alergi makanan dapat muncul beberapa menit setelah makanan masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa gejala alergi makanan:

●      Pilek dan hidung tersumbat

●      Gatal di bagian mulut, tenggorokan, mata, dan beberapa bagian tubuh lainnya

Halaman
1234
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved