Breaking News:

Berita Surabaya

Rakerda MUI Jatim, Khofifah Ajak NU dan Muhammadiyah Ambil Peran dalam Peningkatan Ekonomi Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah dan Buka Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur..

Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah dan Buka Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur Tahun 2021 yang diselenggarakan di Hotel Shangrilla Kota Surabaya, Sabtu (1/5/2021) sore. 

Reporter: Fatimatuz Zahroh I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah dan Buka Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur Tahun 2021 yang diselenggarakan di Hotel Shangrilla Kota Surabaya, Sabtu (1/5/2021) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah memberikan arahan detail agar elemen masyarakat keagamaan khususnya NU maupun Muhammadiyah ikut ambil peran dalam peningkatan kapabilitas untuk ekonomi digital dan juga ekonomi kreatif. 

Pasalnya, saat ini begitu banyak program pemerintah terutama dari pusat maupun provinsi yang konsen diguyurkan untuk dua hal tersebut. Yang sayangnya saat ini belum terlalu menarik dan dilirik oleh kalangan millenial NU dan Muhammadiyah

Oleh sebab itu, ia ingin agar dengan bantuan MUI yang jejaring di kalangan pesantrennya begitu banyak, turut membantu agar millenialnya ikut ambil peran dalam peningkatan ekonomi digital dan ekonomi kreatif.

Pertama, Khofifah ingin elemen NU dan Muhammadiyah turut berperan dalam pengembangan Kawasan Industri Halal (KIH) yang kini sedang dibangun di Sidoarjo. 

"Alhamdulillah sore ini dalam Rakerda MUI Jatim ini telah dilakukan pencocokan program. Kami menunggu tim teknis yang bisa membrickdown di dalam detail plan. Kami kemarin sudah rapat dengan Bank Syariah Indonesia, terkait KIH," tegas Khofifah. 

Progresnya, setelah diluncurkan, dikatakan Khofifah sudah banyak investor yang membeli stan pabrik yang ada di KIH. Dari total 118 unit pabrik untuk skala kecil di sana, sudah banyak yang terjual. 

"Kemarin sudah saya sampaikan, ayo kita ketemu dulu internal dengan tim ekonomi NU dan Muhammadiyah. Ada dua lembaga pembiayaan yang siap, yaitu Bank Syariah Indonesia dan Bank Jatim yang menyiapkan pembiayaannya. Sehingga ketika MUI Jatim menyiapkan ekosistem industri halal di safe and lock di Sidoarjo memang harus sudah kita mulai," tegas Khofifah. 

Tidak hanya itu, Khofifah juga menyebutkan terkait program Digital Talent Scholarship. Ia mengajak millenial NU dan Muhammadiyah untuk ambil peran. 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved