Breaking News:

Berita Bondowoso

Destinasi Wisata di Bondowoso Ditutup Saat Libur Lebaran

Bupati Bondowoso menerbitkan Surat Edaran (SE) Tentang Pembatasan Aktivitas Masyarakat Menjelang dan Pasca Hari Raya Idul Fitri 2021.

TRIBUNJATIM.COM/DANENDRA KUSUMA
Desa Wisata Tirta Agung, Sukosari Kidul, Bondowoso, 2020. 

Reporter : Danendra kusuma | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BONDOWOSO - Bupati Bondowoso menerbitkan Surat Edaran (SE) Tentang Pembatasan Aktivitas Masyarakat Menjelang dan Pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dalam SE itu di antaranya berisi kebijakan penutupan layanan kunjungan daya tarik wisata (DTW) tujuh hari terhitung sejak penetapan Hari Raya Idul Fitri.

Sain itu, pembatasan jam operasional restoran, cafe, dan rumah makan. Tujuh hari sebelum dan sesudah hari Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, tiga sektor bisnis tersebut harus tutup lebih awal pukul 22.00 WIB.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata dan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Arif Setyo Rahardjo mengatakan SE Bupati Bondowoso sudah diterima oleh pihaknya.

Sementara, SE itu diterbitkan pada Kamis 6 Mei 2021.

Baca juga: Hari Pertama Penyekatan di Bondowoso, Petugas Antisipasi Mobil Bak Terbuka Berisikan Pemudik

"Kami telah menerima SE. Kami juga telah mengirimkan SE tersebut kepada pengelola DTW," katanya kepada TribunJatim.com, Senin (10/5).

Ia menyebutkan, pihaknya mengirimkan SE kepada pengelola di 90 titik destinasi wisata beberapa hari lalu. Jumlah tersebut termasuk destinasi desa wisata.

"Kami juga mengirimkan hotel, restoran, dan cafe yang ada di Bondowoso. Desa wisata pun harus tutup," sebutnya.

Ketua Pokdarwis desa wisata Tirta Agung Sumber Wringin, Fadil Susanto mengaku sudah siap menutup sementara waktu destinasi wisatanya. Sementara, pihaknya belum menentukan dibukanya kembali Wisata Tirta Agung.

"Akan kami tutup Wisata Tirta Agung dalam momen lebaran tahun ini," terang Fadil.

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz mengungkapkan pihaknya siap mengamankan destinasi wisata yang bandel alias nekat beroperasi di masa lebaran.

Pihaknya juga mengantisipasi lokasi-lokasi yang bukan termasuk tempat wisata, namun kerap dikunjung warga untuk menghabiskan waktu luang.

"Seperti di Bendungan Sampeyan Baru, Kecamatan Tapen. Itu kami lakukan untuk mengantisipasi kerumunan. Nantinya, kami berpatroli ke lokasi wisata itu. Agar memastikan benar-benar ditutup. Lalu melakukan sosialisasi," pungkasnya.

Berita tentang Wisata Bodowoso

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved