Breaking News:

Ramadan 2021

Hilal Belum Terlihat di Ponorogo, Puasa Ramadan 2021 Akan Genap 30 Hari

Pondok Pesantren Al Islam Ponorogo menyelenggarakan rukyatul hilal, hasilnya belum mendapatkan hilal. Ramadan 2021 genap 30 hari.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Rukyatul Hilal di Ponpes Al Islam Desa Joresan, Kecamatan Mlarak, Ponorogo. 

Reporter: Sofyan Arif Candra | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Pondok Pesantren Al Islam, Desa Joresan, Kecamatan Mlarak, Ponorogo menyelenggarakan rukyatul hilal, Selasa (11/5/2021), menentukan tanggal 1 Syawal 1442 H.

Dalam rukyatul hilal tersebut, tim dari Pondok Pesantren Al Islam gagal melihat hilal untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Kita dari Ponpes al Islam belum berhasil mendapatkan hilal karena menurut perhitungan hisab juga hilal sudah tenggelam sebelum matahari tenggelam," kata Ahli Falak Ponpes Al Islam, Ahmad Junaidi, Senin (12/4/2021).

Hasil tersebut akan dilaporkan ke Kemenag se karesidenan Madiun dan Kanwil Kemenag Jawa Timur serta PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur.

Baca juga: Imam dan Khatib Salat Idul Fitri di Masjid Jami Ponorogo, Jemaah Harus Patuhi Protokol Kesehatan

"Kita mulai melakukan Rukyatul hilal pukul 17.25 WIB hingga terbenam matahari, karena pantulan sinar matahari tidak bisa dilihat sebelum terbenam. Namun sampai matahari tenggelam hilal tidak terlihat," jelasnya.

Dengan hasil tersebut, hampir bisa dipastikan Ramadan tahun ini akan genap 30 hari dan 1 Syawal diprediksi akan jatuh pada Kamis (13/5/2021).

"Namun begitu apapun hasilnya kita tetap menunggu hasil dari sidang isbat oleh Kementerian Agama untuk menentukan 1 Syawal dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H," tutup Sekretaris Lembaga Falakiyah PC Nahdlatul Ulama Ponorogo tersebut.

Berita tentang Ponorogo

Berita tentang Idul Fitri 1442 H

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved