Breaking News:

Berita Trenggalek

Petugas Amankan Puluhan Balon Udara di Trenggalek, Dua Orang Diperiksa

Petugas gabungan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengamankan puluhan balon udara pada hari Lebaran Ketupat, Kamis (20/5/2021)

TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Petugas sita balon udara di Trenggalek 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Petugas gabungan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengamankan puluhan balon udara pada hari Lebaran Ketupat, Kamis (20/5/2021).

Balon udara yang diamankan itu terdiri dari berbagai ukuran yang berdiameter di bawah 50 sentimeter hingga lebih dari 1,5 meter.

Kabagops Polres Trenggalek Kompol Supiyan mengatakan, ada beberapa regu yang diterjunkan untuk merazia balon udara.

Tim yang diterjunkan merupakan gabungan dari polisi, TNI, dan Satpol PP. Pusat razia berada di daerah Kecamatan Durenan dan sekitarnya.

Berkeliling mulai Kamis (20/5/2021) malam, petugas mengamankan lebih dari 20 balon udara.

Baca juga: Hari Kebangkitan Nasional Diaspora Kota Kediri Diajak Bangkitkan UMKM

“Ada yang kami amankan sebelum balon udara diterbangkan, ada juga yang sudah mulai turun setelah diterbangkan,” kata Supiyan.

Balon udara yang terazia dibawa ke Mapolsek Durenan. Balon-balon udara itu ditaruh di halaman belakang kantor tersebut untuk kemudian dimusnahkan.

Supiyan mengatakan, penerbangan balon udara membahayakan. Hal itu seperti diatur dalam Undang-Undang 1/2009 tentang Penerbangan.

“Sesuai regulasi yang ada, Undang-Undang Penerbangan, itu tidak diperbolehkan karena sangat membahayakan. Baik dari sisi penerbangan maupun dampak lain seperti kebakaran,” sambungnya.

Dari hasil razia itu, petugas juga menemukan bahan petasan dari salah salah satu warga. Seluruh barang hasil razia dibawa ke Mapolsek.
Dari penyitaan itu, petugas juga memeriksa dua orang terkait balon udara. Dua orang itu, kata dia, telah dimintai keterangan.

“Hasil pemeriksaannya ini masih proses. Kami belum bisa menyimpulkan. Apakah nanti akan dilanjutkan dengan proses penyelidikan atau bagaimana, nanti kami update,” sambung dia. (fla)

Kumpulan berita Trenggalek terkini

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved