Breaking News:

Berita Gresik

Gresik Lestari, Bupati Gresik Gus Yani Selamatkan Naskah Kuno Gresik

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) tentang naskah kuno di Kabupaten Gresik

TribunJatim.com/ Willy Abraham
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani komitmen selamatkan naskah kuno 

Reporter: Willy Abraham | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) tentang naskah kuno di Kabupaten Gresik.

Tujuannya untuk acara penyelamatan, pelestarian dan pemanfaatan naskah kuno di Kabupaten Gresik, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang berlangsung di Ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik, Kamis (27/5/2021).

Orang nomor satu di Kabupaten Gresik ini berdiskusi bersama para budayawan, ahli sejarah dan sekaligus pemerhati naskah kuno yang hadir pada forum diskusi pagi ini.

“Kita diskusikan bagaimana cara kita menggali, merawat warisan budaya yang kita kategorikan naskah kuno yang merupakan harta karun dan harus kita jaga kelestariannya untuk masa depan anak-anak kita," ucapnya.

Gus Yani sapaan akrabnya meminta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bupati menekankan tentang pentingnya kearsipan. Jangan sampai naskah kuno yang merupakan harta tak ternilai dan sebagai arsip penting untuk masa depan menjadi barang rongsokan.

“Jangan sampai arsip penting tapi ditaruh di pojok gudang bersama barang rongsokan lain sedangkan gudangnya bocor. Tolong pihak komunitas pemerhati dan dinas kearsipan dan perpustakaan bisa menyelamatkan hal ini,” pinta Gus Yani.

Gus Yani juga mengusulkan agar diskusi penting semacam ini bisa diselenggarakan di Ruang yang bersejarah, misal di komplek makam Leran, Komplek Giri Kedaton dan tempat tempat bersejarah yang lain.

Sementara, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah berharap kegiatan ini akan membuka kebaikan Gresik masa lalu untuk pembelajaran pada generasi di masa depan.

“Selama ini kalau kita ingin mengetahui sejarah, justru kita mendapatkan data arsip dari luar negeri. Pemerintah Belanda, Inggris dan Jerman yang menyimpan naskah-naskah kuno kita,” terangnya.

Baca juga: Mantan Wabup Ponorogo Ida Kembalikan Uang Korupsi Rp 1 M 50 Juta, Diantarkan Langsung Suaminya

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved