Breaking News:

Berita Madiun

3.029 Lansia di Kota Madiun Telah Mendapat Vaksinasi Dosis Pertama

Lansia merupakan golongan masyarakat yang rentang tertular virus Covid-19 yang mematikan. Oleh sebab itu,  Pemerintah Kota Madiun memberikan perhatian

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Januar Adi Sagita
freepik.com
Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk lansia di Madiun 

Reporter: Rahadian Bagus | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Lansia merupakan golongan masyarakat yang rentang tertular virus Covid-19 yang mematikan. Oleh sebab itu,  Pemerintah Kota Madiun memberikan perhatian kepada warga lanjut usia.

Pemkot Madiun membuat berbagai program kesehatan bagi para lansia, termasuk vaksinasi Covid-19. Setidaknya, 3.029 lansia di Kota Madiun telah mendapatkan vaksinas Covid-19 dosis pertama, dan 1291 di antaranya telah diberikan vaksin dosis kedua. 

‘’Lansia ini menjadi salah satu prioritas karena termasuk golongan rentan. Makanya kami berikan perhatian lebih,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi saat Peringatan Hari Lanjut Usia di Bumi Perkemahan Ngrowo Bening, Kamis (27/5/2021).

Sebelum pandemi Covid-19, Pemkot Madiun selalu mengadakan agenda rutin, yakni senam lansia setiap sebulan sekali. Kegiatan senam, biasanya dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan pemberian gizi tambahan. 

Baca juga: Kronologi Tewasnya Bocah 15 Tahun Tertembak Senapan Angin di Probolinggo

Namun, kegiatan tersebut terpaksa harus ditunda sementara waktu karena pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, Wali Kota Maidi, Pemkot Madiun membuat program kegiatan pemeriksaan kesehatan, melalui Posyandu Lansia. 

‘’Biasanya kami kumpulkan untuk senam. Tetapi karena masih Covid-19, kegiatan di Posyandu Lansia masing-masing kelurahan. Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah,’’ ujarnya. 

Maidi menegagakan, tidak hanya sekadar meningkatkan kesehatan, tetapi juga dilakukan berbagai kegiatan produktif. Misalnya, membuat kerajinan hingga berkebun dalam program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). 

‘’Prinsipnya lansia itu harus senang. Kita beri sembako, kita cek kesehatannya, diberi tambahan asupan gizi, dan kita beri kegiatan. Kalau lansia senang, aliran darahnya lancar jadi tidak mudah sakit,’’ jelasnya. 

Untuk diketahui, angka harapan hidup masyarakat Kota Madiun mencapai hingga 72,81 tahun. Artinya, setiap kelahiran di Kota Madiun memiliki harapan hidup hingga usia 72 tahun lebih. (rbp) 

Kumpulan berita Madiun terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved