Breaking News:

Berita Kota Kediri

Pakai Baju Adat Kediren, Forkopimda Kota Kediri Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Pakai baju adat Kediren, Forkopimda Kota Kediri ikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Pejabat Forkopimda Kota Kediri mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ruang Joyoboyo dengan memakai baju adat Kediren, Selasa (1/6/2021). 

Reporter: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pejabat Forkopimda Kota Kediri mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual di Ruang Joyoboyo, dengan memakai baju adat Kediren, Selasa (1/6/2021).

Peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Upacara Hari Lahir Pancasila diselenggarakan secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Kegiatan ini diikuti serentak oleh pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah di provinsi, kabupaten/kota, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh lainnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona).

Presiden RI Joko Widodo mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengambil tema 'Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh'.

Seusai mengikuti upacara, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menekankan pentingnya penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terlebih bagi kaum milenial.

"Kita perlu untuk membangkitkan dan mengaplikasikan Pancasila. Kita ada gebrakan setiap jam 2 siang mendengarkan lagu mars Pancasila, nanti lama-lama semangat Pancasila akan kembali terbangun," ungkapnya.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Pangdam V Brawijaya dan Wakapolda Jatim Berziarah ke Makam Bung Karno Blitar

"Yang penting kita bisa meresapi dan menghayati Pancasila. Selain itu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena dalam Pancasila mengandung etika dan norma dari sisi agama," lanjutnya.

"Untuk pemuda, pegang teguh Pancasila, karena itu suatu hal yang baik, identitas kita sebagai warga negara yang berkebangsaan," tandasnya.

Tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui keputusan Presiden RI Joko Widodo Nomor 24 Tahun 2016.

Presiden Joko Widodo menyampaikan keputusan ini melalui pidatonya pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung  pada1 Juni 2016 lalu.

Berita tentang Kota Kediri

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved