Breaking News:

Berita Jember

Wamendag RI Jerry Sambuaga Kunjungi Gudang SRG Jember yang Mangkrak Bertahun-tahun

Wamendag RI Jerry Sambuaga mengunjungi gudang SRG Jember yang telah mangkrak selama bertahun-tahun. Jerry menyayangkan gudang tidak difungsikan.

TRIBUNJATIM.COM/SRI WAHYUNIK
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jember, Sabtu (5/6/2021). Jerry mengunjungi dua tempat di Jember, yakni Universitas Jember dan gudang SRG (Sistem Resi Gudang) di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung. 

Reporter: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jember, Sabtu (5/6/2021).

Jerry mengunjungi dua tempat di Jember, yakni Universitas Jember dan gudang SRG (Sistem Resi Gudang) di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung.

Dia memulai kunjungan kerjanya dengan memberikan pidato kepada 899 wisudawan Universitas Jember (Unej). Wisuda itu sendiri digelar secara daring, dan luring di Gedung Auditorium Unej.

Setelah dari Unej, Wamendag Jerry dan rombongan menuju gudang SRG Jember yang vakum selama hampir lima tahun terakhir.

Sesampainya di gudang SRG Jember, Jerry langsung meninjau kondisi gudang, mesin, juga kondisi penjemuran gabah di gudang tersebut.

Dalam pidatonya, Jerry menyayangkan gudang SRG Jember tidak difungsikan.

"Jika tidak difungsikan, maka petani tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal keberadaan gudang SRG ini bisa menjadi tunda jual komoditas bagi petani, untuk menunggu harga yang lebih baik," ujar Jerry.

Dia menegaskan, Kementerian Perdagangan memberikan fasilitas berupa izin gudang SRG, dan bangunan gudang. 

Baca juga: Jember Mendapatkan Opini Tidak Wajar dari BPK, Begini Tanggapan Bupati Hendy Siswanto

"Sedangkan pelaksanaan dan pengelolaan SRG ini tergantung pemerintah daerah masing-masing. Pengelola gudang bisa menggandeng koperasi, BUMD, atau swasta. Kami siap membantu mencarikan pengelola jika pemda tidak bisa. Selain itu, kami di Kemendag juga mencarikan pasar untuk komoditas yang masuk ke gudang SRG," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved