Breaking News:

Berita Banyuwangi

Tim Kemenkeu Apresiasi Berbagai Program Pemulihan Ekonomi Banyuwangi di Masa Pandemi

Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemeqnkeu) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Yoni Iskandar
Surya/Haorrahman
Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemeqnkeu) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi. 

Reporter : Haorrahman | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi.

Mereka mengapresiasi sejumlah program pemkab dalam penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah.

Kunjungan kerja tersebut dipimpin Inspektur V Inspektorat Jenderal Kemenkeu RI, Raden Patrick Wahyudwisaksono. Mereka diterima Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono, kemarin Senin (14/6/2021).

Patrick menjelaskan timnya ingin melihat bagaimana program-program penanganan covid-19 maupun pemulihan ekonomi yang telah dilakukan di daerah. Menurut dia, dua aktivitas ini harus dijalankan seiring agar berdampak bagi masyarakat.

"Pemerintah telah banyak menganggarkan kepada daerah untuk penanganan covid-19 maupun program pemulihan ekonomi. Nah kami datang ke Banyuwangi ingin memastikan program tersebut telah berjalan dengan baik di sini," kata Patrick.

Ditambahkan dia, timnya juga akan mengawal penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN) telah berjalan secara efektif, efisien dan akuntabel serta bermanfaat bagi masyarakat. Pohaknya akan bekerja sama dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) daerah.

“Kami berkolaborasi dengan inspektorat Kabupaten Banyuwangi untuk mengawal pelaksanaan program, baik yang dikucurkan dari APBN maupun APBD, khususnya untuk kegiatan yang mendukung PC-PEN. Kami juga kolaborasi dengan Bappeda untuk melihat perencanaan ke depan seperti apa, sehingga lebih terintegrasi,” kata Patrick kepada TribunJatim.com.

Patrick menyebut, kegiatan PEN akan dilakukan melalui tiga hal. Pertama, melalui intervensi kesehatan. Tim ingin melihat progress vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi. Juga langkah daerah untuk mengantisipasi terjadinya second wave di daerah ini.

Kedua, lanjut Patrick, lewat skema perlindungan dan pemulihan ekonomi bagi golongan rentan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: FIX Subsidi Gaji 2021 Ditiadakan, Kemenkeu Tegas Soal Nasib BLT Karyawan, Anggaran Dana Fokus Lain

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved