Breaking News:

Berita Kota Blitar

Antisipasi Penyakit Antraks, Perketat Pengawasan Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar memperketat pengawasan perdagangan hewan khususnya sapi di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Yoni Iskandar
Surya/samsul hadi
Petugas mengecek kondisi kesehatan sapi di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar, Senin (21/6/2021). 

Reporter : Samsul hadi | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar memperketat pengawasan perdagangan hewan khususnya sapi di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar.

Pedagang sapi dari luar Kota Blitar, terutama dari wilayah Tulungagung diminta menunjukkan surat kesehatan hewan saat datang di Pasar Hewan Dimoro.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah mengatakan pengetatan pengawasan lalu lintas perdagangan hewan khususnya sapi untuk mengantisipasi dan mencegah penularan penyakit bakteri antraks pada hewan ternak di Kota Blitar.

"Sampai sekarang belum ada temuan hewan ternak terkena antraks di Kota Blitar. Sebagai langkah antisipasi, kami memperketat pengawasan lalu lintas perdagangan hewan ternak khususnya sapi di Pasar Hewan Dimoro," kata Rodiyah, Senin (21/6/2021).

Dikatakannya, Pasar Hewan Dimoro merupakan pusat perdagangan hewan terbesar di Kota Blitar.

Tiap hari pasaran Jawa Pon dan Legi, banyak pedagang sapi dari luar Kota Blitar termasuk Tulungagung yang datang di Pasar Hewan Dimoro.

Untuk itu, petugas memperketat pengawasan dan pengecekan terhadap sapi yang datang di Pasar Hewan Dimoro.

"Tiap transaksi sapi dari luar kota, khususnya dari Tulungagung, pedagang harus menunjukkan surat kesehatan hewan. Kalau tidak punya, kami anjurkan memeriksakan sapi di Puskesmas Hewan di sekitar Pasar Hewan Dimoro," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Menurutnya, pengawasan terhadap hewan ternak tidak hanya dilakukan di Pasar Hewan Dimoro, tapi juga ke kandang sapi milik peternak dan jagal di Kota Blitar.

Baca juga: Tak Punya Izin, Polres Blitar Kota Hentikan Acara Kontes Kambing di Pasar Hewan Srengat

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved