Virtual American Film Showcase 2021 Dibuka Hari Ini, Izzy Chan Berbagi Proses Kreatif 'The Big Flip'

Virtual American Film Showcase 2021: Diskusi film “The Portrayal of Female Breadwinners” bersama sutradara film The Big Flip, Izzy Chan.

Facebook U.S. Consulate General Surabaya
Diskusi film “The Portrayal of Female Breadwinners” bersama sutradara film The Big Flip, Izzy Chan. 

Reporter: Ficca Ayu Saraswaty | Editor: Ficca Ayu Saraswaty

TRIBUNJATIM.COM - Acara Virtual American Film Showcase (AFS) 2021 resmi dibuka hari ini Sabtu, 26 Juni 2021.

Di hari pertama AFS 2021 diadakan sesi diskusi film “ The Portrayal of Female Breadwinners ” bersama sutradara film The Big Flip, Izzy Chan.

Acara diskusi film ini sekaligus menjadi pembuka rangkaian Virtual American Film Showcase 2021 atau AFS 2021 yang digelar mulai tanggal 26 Juni 2021 – 4 Juli 2021.

Rangkaian acara pemutaran dan diskusi film tersebut digelar dalam rangka memperingati peringatan Hari Kemerdekaan A.S. di mana ada 11 film dokumenter karya sineas Amerika terbaik yang akan ditayangkan secara gratis.

Penonton cukup mendaftar ke http://tiny.cc/AFSRegistration untuk mendapatkan link menonton film.

Baca juga: Nonton 11 Film Dokumenter Karya Sineas Amerika di Virtual AFS 2021, Catat Jadwalnya & Daftar di Sini

Proses Kreatif Pembuatan Film The Big Flip

Sutradara film Izzy Chan membahas proses kreatif pembuatan film The Big Flip.
Sutradara film Izzy Chan membahas proses kreatif pembuatan film The Big Flip. (Facebook U.S. Consulate General Surabaya)

Sutradara film Izzy Chan membahas proses kreatif pembuatan film “ The Big Flip ”, sebuah film dokumenter tentang keberhasilan beberapa keluarga yang “membalik” peran gender tradisional, di mana para istri menjadi tulang punggung ekonomi dan para suami berperan mengurus rumah dan anak-anak.

Dibesarkan di Hong Kong dan Singapura, sutradara Izzy Chan sukses meraih gelar Cinematic Arts and French dari The University of Southern California.

Baca juga: Film Pendek Omah Njero: Tempat Paling Sakral, Sendang Kapit Pancuran, hingga Ruang Semayam Para Ego

Film Matriarch
Film Matriarch (Facebook U.S. Consulate General Surabaya)

Izzy Chan mengintegrasikan pengalaman lintas budayanya dan kecintaannya pada pembuatan film untuk menanamkan sebuah pemahaman, tindakan, dan perubahan baru.

Dalam diskusi ini Izzy Chan juga berbagi tentang film terbarunya yang sedang dalam proses produksi, yang berjudul “Matriarch”, sebuah serial dokumenter yang berlatar empat komunitas matriarkal: Minangkabau di Indonesia, Mosuo di China, Tuareg di Afrika, dan Khasi di India.

Baca juga: Sinopsis Film Ali & Ratu Ratu Queens, Dibintangi Iqbaal Ramadhan, Kisah Ali Cari Ibunya di New York

Konsulat Jenderal A.S. di Surabaya bersama Kedutaan Besar A.S. di Jakarta, dan Konsulat A.S. di Medan mengadakan Virtual American Film Showcase (AFS) 2021.

Acara ini sebagai bagian dari acara perayaan kemerdekaan A.S. yang diperingati setiap tanggal 4 Juli.

Tujuannya yakni untuk memberikan pandangan tentang masyarakat dan budaya A.S., sambil merayakan nilai-nilai demokrasi, keragaman, dan transparansi.

Sebanyak sebelas film dokumenter kontemporer karya para sineas terbaik Amerika akan dihadirkan dalam festival daring ini.

Film-film dokumenter kontemporer karya para sineas terbaik Amerika yang akan dihadirkan dalam Virtual American Film Showcase (AFS) 2021.
Film-film dokumenter kontemporer karya para sineas terbaik Amerika yang akan dihadirkan dalam Virtual American Film Showcase (AFS) 2021. (Dokumen Public Affairs U.S. Consulate Surabaya)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved