Breaking News:

Berita Banyuwangi

Permudah Layanan, Pemkab Banyuwangi Luncurkan Program Simpling dan Green Living

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi meluncurkan inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada publik.

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Laboratorium Lingkungan (Simpling) dan Green Living. 

Reporter: Haorrahman I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi meluncurkan inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada publik.

Program yang diluncurkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani tersebut adalah Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Laboratorium Lingkungan (Simpling) dan Green Living.

Ipuk menjelaskan, program Green Living merupakan program edukasi untuk menumbuhkan gaya hidup bersih dan sehat di kalangan warga.

Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan untuk menanamkan budaya dan kepedulian terhadap lingkungan. Seperti Green to School (sekolah adiwiyata), Green to Village (Desa/Kelurahan Berseri), dan Green Islamic Boarding School (Ekopesantren).  

“Lewat kegiatan tersebut kita harapkan masyarakat bisa memiliki tanggung jawab besar dalam upaya pelestarian lingkungan dan menuju pembangunan berkelanjutan,” kata Ipuk dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021 yang digelar di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kamis (1/7/2021).

Selain itu, lanjut dia, edukasi Green Living juga diwujudkan lewat layanan Bank Sampah Giat Keliling (Bagiak).

Layanan mobile (keliling) Bank Sampah mendatangi permukiman sehingga memudahkan warga dalam menabung sampah.

“Banyuwangi juga melakukan program menjaga mata air (Mentari). Program ini dilakukan lewat penanaman pohon berdaya serap air tinggi di wilayah bantaran sungai. “Alhamdulillah, laporan dari DLH menyebutkan total saat ini ada 8 juta pohon yang telah kita tanam,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Banyuwangi Husnul Chotimah menjelaskan terkait aplikasi Simpling.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved