Breaking News:

ITTelkom Surabaya dan UPN Veteran Jawa Timur Gelar Workshop Laboratorium Virtual di SDN Kleco 1

ITTelkom Surabaya dan UPN Veteran Jawa Timur menggelar Workshop Laboratorium Virtual di SDN Kleco 1 No 7 Surakarta untuk memperkuat kompetensi guru.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/ITTelkom Surabaya
Workshop laboratorium virtual yang digelar dosen ITTelkom Surabaya bersama UPN Veteran Jatim untuk SDN Kleco 1 No 7 Surakarta, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Institut Teknologi Telkom Surabaya atau ITTelkom Surabaya menggandeng UPN Veteran Jawa Timur bekerja sama dalam menyelenggarakan workshop laboratorium virtual di SDN Kleco 1 No 7 Surakarta.

Tujuannya untuk memperkuat kompetensi guru dalam pembelajaran daring.

Dosen Teknik Telekomunikasi ITTelkom Surabaya, Muhsin, yang juga menjadi pemateri pada kegiatan tersebut, mengatakan, workshop ini memperkenalkan PhET sebagai laboratorium virtual kepada guru SDN Kleco 1 No 7 Surakarta yang diharapkan dapat mempermudah pembelajaran, terutama pada masa pembelajaran daring.

“Selama pembelajaran daring, interaksi guru dan siswa sangat terbatas, termasuk dalam kegiatan berbasis laboratorium," jelas Muhsin, Jumat (9/7/2021).

Hal ini menjadi kendala sekaligus tantangan bagi para guru.

Penggunaan teknologi menjadi kebutuhan mutlak dalam pembelajaran, pandemi Covid-19 (virus Corona) memaksa transformasi ini berjalan lebih cepat.

Selain melibatkan dosen Teknik Telekomunikasi ITTelkom Surabaya, hadir pula Afina, dosen dari Teknik Informatika UPN Veteran Jawa Timur, yang juga Ketua Pelaksanaan Workshop.

Afina menyebutkan, mereka berkomitmen bahwa kegiatan ini berkelanjutan dan seiring dengan membantu digitalisasi dunia pendidikan.

Baca juga: Demi Menyaksikan Final Euro 2021, Sekolah di Inggris Izinkan Siswanya Masuk Siang

“Saat ini, kami telah memiliki beberapa aplikasi laboratorium virtual untuk sains dasar perguruan tinggi dan tingkat SMA. Ke depan, akan dikembangkan aplikasi lain untuk tingkat-tingkat di bawahnya untuk membantu implementasi teknologi dalam pembelajaran,” jelas Afina.

Dafid, salah satu peserta workshop mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat.

"Metode pembelajaran menggunakan laboratorium virtual dapat membantu kegiatan belajar mengajar, khususnya untuk SD tingkat kelas atas," jelas David.

Diharapkan juga ada aplikasi atau perangkat serupa untuk SD tingkat kelas bawah.

Kepala SDN Kleco 1 No 7 Surakarta, Marfauzi, menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dapat dilakukan kembali di kemudian hari.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved