Breaking News:

Berita Batu

Jelang Idul Adha, Pemkot Batu Periksa Kesehatan Hewan Kurban, Berikut Hasilnya

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Batu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, Selasa (13/7/2021). Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/DOK SUGENG
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sugeng Pramono (kiri) menyaksikan langsung proses pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penjualan hewan kurban di Kota Batu, Selasa (13/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Batu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, Selasa (13/7/2021).

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang. 

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilakukan menjelang Idul Adha. Pemeriksaan kesehatan sangat penting karena daging hewan kurban nantinya akan dikonsumsi masyarakat. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sugeng Pramono mengatakan, pihaknya membawa sejumlah dokter hewan dan mendatangi satu per satu penjual hewan untuk kurban. 

30 petugas dari dinas dibantu 50 orang dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Petugas gabungan tersebut keliling memeriksa kondisi hewan dan tempat berjualan mulai tanggal 12 sampai 15 Juli 2021.

Di masa pandemi ini, pemeriksaan dilakukan menggunakan protokol kesehatan ketat. 

"Kami juga akan memeriksa hewan yang ada di beberapa kelompok ternak atau kandang peternak milik masyarakat," jelas Sugeng, Selasa (13/7/2021). 

Jika ditemukan ketidaklayakan, maka disarankan agar hewan tidak dijual. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjual hewan kurban yaitu, sudah berusia dua tahun dan tidak dalam kondisi sakit serta sudah terverifikasi. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved