Breaking News:

Berita Kabupaten Malang

Satlantas Polres Malang Belum Terima Pengurusan SIM C Golongan Baru, Ini Alasannya

Satlantas Polres Malang belum terima pengurusan SIM C golongan baru, AKP Agung Fitransyah sebut masih menunggu instruksi dari atasan.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Adi Sasoso
Ilustrasi SIM C. Pada 2020, Korlantas Polri akan mulai menggolongkan SIM C menjadi tiga golongan, SIM C, C1 dan C2 berdasarkan kapasitas mesin motor. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Satlantas Polres Malang belum menerima kepengerusan Surat Izin Mengemudi (SIM) C golongan baru.

Hal tersebut dikarenakan Satlantas Polres Malang masih menunggu instruksi lebih lanjut mengenai penerapan pengurusan SIM C tersebut.

"Saat ini kami belum menerapkan karena kami masih menunggu instruksi dari atasan," terang Kasatlantas Polres Malang, AKP Agung Fitransyah ketika dikonfirmasi pada Jumat (16/7/2021).

Menilik pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan Surat Izin Mengemudi, terdapat penggolongan untuk SIM C menjadi 3 golongan. Yakni SIM C, C1, dan C2.

Kata Agung, SIM C diperuntukkan bagi pengemudi motor kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc.

Lalu SIM CI bagi pengendara motor silinder mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc.

Terakhir, SIM CII digunakan untuk pengemudi kendaraan bermotor roda dua dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc maupun kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan tenaga listrik.

"Alasan kami belum melaksanakan karena masih menunggu instruksi dari Dirlantas Polda Jatim, dan Kakorlantas Polri," ungkap Agung.

Di sisi lain, Satlantas Polres Malang mengeluarkan kebijakan khusus pengurusan perpanjangan SIM selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved