Breaking News:

Berita Sidoarjo

Ruang Kelas Sekolah di Sidoarjo Disulap Jadi Shelter Isolasi Pasien Covid-19, Khusus Gejala Ringan

Ruang kelas sekolah di Sidoarjo disulap jadi shelter isolasi pasien Covid-19, khusus untuk yang bergejala ringan, sedang dan tanpa gejala.

Penulis: M Taufik | Editor: Dwi Prastika

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Lima kelas di SMP Negeri 2 Sidoarjo disulap menjadi shelter isolasi pasien Covid-19 (virus Corona).

Shelter ini dikhususkan bagi warga yang positif Covid-19 dengan gejala ringan, sedang, dan tanpa gejala, namun tidak memungkinkan untuk menjalani isolasi mandiri.

Di ruang-ruanng kelas itu, bangku sekolah sudah dikelurkan. Kemudian sejumlah matras, tempat tidur dan beberapa perlengkapan lain telah ada di sana. Selanjutnya juga akan diberi sekat-sekat dan dilengkapi dengan sejumlah peralatan lain terkait penanganan pasien.

“Kami sudah kaji, kami sudah pertimbangkan jaraknya dengan rumah sakit, parkirnya seperti apa, keamanan, pelayanannya, nakes (tenaga kesehatan), dan sebagainya," kata Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor, Rabu (21/7/2021).

Kelas di sekolah ini yang digunakan adalah dua di lantai bawah dan sebagian lain di lantai dua. Petugas di sekolahan itupun sudah sejak beberapa waktu lalu bersih-bersih dan melakukan persiapan terkait penggunaan ruang kelas untuk shelter ini.

Rencananya, di setiap kelas itu bisa menampung 10 orang. Pasien yang butuh isolasi mandiri tapi tidak memungkinkan isoman (isolasi mandiri) di rumahnya, akan ditampung di shelter ini.

Selain SMP Negeri 2 Sidoarjo, beberapa sekolah dan gedung milik Pemkab Sidoarjo lainnya juga akan difungsikan serupa. Ada di beberapa tempat di sejumlah kecamatan di Sidoarjo yang akan difungsikan sebagai shelter untuk pasien OTG (orang tanpa gejala) yang butuh isolasi mandiri.

Antara lain, SMP Negeri 2 Sidoarjo, SMP Negeri 2 Taman, dan SMP Negeri 2 Porong, dan beberapa tempat lain.

Baca juga: Depo Isi Ulang Oksigen Gratis Dibuka Juga di Sidoarjo, untuk Warga Isoman Covid-19 

Menurut Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor, ada beberapa alasan dalam memutuskan pemilihan gedung sekolah sebagai shelter isolasi pasien Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved