Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Mengenali Jenis Keputihan dari Warnanya, Mengetahui Bahaya serta Cara Mengatasinya

Begini cara mengenali jenis keputihan dari warnanya, mengetahui bahaya serta cara untuk mengatasinya ala Lifepack.

Editor: Dwi Prastika
Freepik by user20678629
Mengenali jenis keputihan, bahaya, dan cara mengatasinya. 

TRIBUNJATIM.COM - Bagi kaum wanita, mengalami keputihan bisa dibilang merupakan suatu hal yang tak asing lagi. Terjadinya keputihan merupakan hal yang wajar, selama warna, tekstur, dan bau keputihan tersebut masih tergolong normal. Sebagai wanita, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis keputihan tersebut, berikut dengan cara mengatasi keputihan yang tak normal.

Apa Itu Keputihan?

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya-tanya, apa sih keputihan itu dan bagaimana bisa keputihan ini terjadi? Keputihan merupakan cairan yang berasal dari kelenjar kecil yang berada di vagina dan serviks. Dengan keluarnya cairan ini, maka akan membawa serta sel-sel yang telah menua di organ intim tersebut, sehingga membuat vagina serta saluran reproduksi jadi bersih dan sehat.

Keputihan juga akan menjaga kelembapan organ intim, serta mencegah dan mengatasi infeksi yang mungkin terjadi di organ tersebut. Normalnya, keputihan berwarna putih atau bening, dengan tekstur yang elastis, kental, atau terkadang cair. Walau kadang terasa mengganggu karena meninggalkan bekas di celana, wanita yang tak pernah keputihan malah terbilang tak normal.

Baca juga: Pengertian Terapi Hormon dan Kegunaannya untuk Pria dan Wanita

Kenali Jenis Keputihan dari Warnanya

Keputihan memang wajar terjadi, namun itu berlaku jika kondisi keputihan terbilang normal. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui keputihan tersebut tergolong normal atau tidak? Normal atau tidaknya keputihan ini bisa dilihat dari warna dan juga tekstur dari keputihan tersebut. Berikut adalah penjelasan mengenai keputihan berdasarkan warna yang dimilikinya.  

1. Putih

Keputihan normalnya memang berwarna putih, misalnya seperti warna putih telur. Tak jarang, keputihan normal juga berwarna krem dan kuning cerah. Keputihan yang berwarna putih menandakan wanita tersebut memiliki cairan lubrikasi yang sehat. Namun, jika keputihan berwarna putih, namun baunya menyengat, kemungkinan terjadi infeksi pada bagian intim. 

2. Kuning Pucat hingga Hijau Neon

Warna keputihan yang kuning pucat umumnya tak mengindikasikan adanya keabnormalan. Biasanya, warna keputihan satu ini muncul karena mengonsumsi makanan atau suplemen tertentu, yang kemudian mempengaruhi warnanya. Namun, jika keputihan tersebut berwarna kuning gelap, kuning kehijauan, atau hijau neon, maka Anda sebaiknya mengonsultasikannya dengan dokter.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved