Breaking News:

Berita Blitar

Penularan Covid-19 di Kota Blitar Mayoritas dari Pasien Isolasi Mandiri yang Abai Prokes

Jumlah kasus baru konfirmasi positif Covid-19 di tiap kecamatan di Kota Blitar sampai sekarang masih tinggi.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Januar
SURYA/SAMSUL HADI
Kepala Dinkes Kota Blitar, M Muchlis. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR- Jumlah kasus baru konfirmasi positif Covid-19 di tiap kecamatan di Kota Blitar sampai sekarang masih tinggi. 

Mayoritas penularan kasus baru positif Covid-19 di Kota Blitar akhir-akhir ini dari masyarakat yang abai menerapkan protokol kesehatan saat melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, M Muchlis usai mengecek persiapan tempat isolasi terpusat di Asrama Mahasiswa Kampus PGSD Universitas Negeri Malang (UM) di Jl Ir Soekarno, Kota Blitar, Jumat (30/7/2021).

"Sangat dibutuhkan tempat isolasi terpusat karena jumlah kasus Covid-19 di kecamatan meningkat tajam. Contoh empat hari lalu, kami periksa data positif Covid-19 di Kecamatan Sukorejo ada 169 orang. Ini sangat padat, sangat banyak," kata Muchlis. 

Baca juga: Mampu Tampung 1.000 Pasien, Stadion Gelora Joko Samudro Jadi Tempat Isolasi Terpusat Terpadu Covid

Dikatakannya, para orang positif Covid-19 hampir dipastikan atau diperkirakan sangat kuat sedikit disiplin terhadap rambu-rambu agar tidak menularkan lebih lanjut ke orang lain.

Artinya, mayoritas dari orang yang positif Covid-19 bisa diperkirakan abai terhadap kedisiplinan protokol kesehatan tentang isolasi mandiri di rumah. 

"Karena abai terhadap kedisiplinan protokol kesehatan isolasi mandiri di rumah, maka terjadi potensi penularan kepada yang lain, sehingga jumlah kasus barunya semakin meningkat," ujarnya. 

Menurutnya, dengan keadaan seperti itu, pemerintah pusat mewajibkan ada tempat isolasi terpusat khususnya di wilayah Jawa dan Bali. 

Pemerintah tidak mengizinkan lagi ada pasien isolasi mandiri di rumah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved