Berita Malang

Jelang Berakhirnya PPKM Level 4, Ini Komentar dari Kepala BNPB

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada Senin (2/8/2021) esok

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito seusai melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard di Kota Malang, Jumat (11/6/2021). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada Senin (2/8/2021) esok.

Namun, melihat kasus Covid-19 yang masih tinggi di beberapa wilayah. Kemungkinan besar, kebijakan PPKM tersebut akan diperpanjang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, sebelum berbicara terkait PPKM, masyarakat harus tahu empat hal yang pemerintah lakukan dalam memproteksi masyarakat dari Covid-19.

"Tadi saya katakan, bahwa pembawa virus ini adalah manusia. Maka manusia ini harus diprotect (dilindungi) supaya tidak terpapar. Cara memprotectnya, yaitu dengan disiplin protokol kesehatan, pakai masker dan jaga jarak," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Warga Desa Sengon di Kabupaten Trenggalek Gembira Bisa Dapat Vaksin di Rumah Masing-masing

Dirinya menjelaskan selain disiplin prokes, langkah kedua memproteksi masyarakat dari Covid 19 adalah dengan cara vaksinasi.

"Kedua, kita harus memprotect dengan cara divaksin. Resiko kematiannya (akibat Covid 19) juga akan sangat kecil. Bukannya tidak ada, tapi resikonya kecil," tambahnya.

Selain itu, langkah ketiga memproteksi masyarakat dari Covid 19 adalah dengan mengurangi mobilitas.

"Dan PPKM inilah konsep untuk mengurangi mobilitas, supaya tidak semakin banyak laju penularannya. Nanti, kita harus hidup berdampingan dengan virus Covid seperti halnya dengan flu dan cacar. Kita akan merubah itu, pandemi jadi epidemi. Jadi jangan tanya PPKM diperpanjang atau tidak, karena itu adalah bagian dari mengendalikan laju penularan supaya tidak semakin melebar," bebernya.

Lalu, langkah keempat memproteksi masyarakat dari Covid 19 adalah dengan penerapan PPKM Mikro.

"PPKM Mikro adalah pembatasan yang dilakukan di tingkat RT/RW, Desa atau Kelurahan. Jadi konsep kampung tangguh, itu yang disini. Dan hal ini, sebagai hulu terdepan dalam mengontrol penyebaran virus Covid 19. Dalam arti penerapan prokes, 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan pembatasan mobilitas dilaksanakan," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganip Warsito meminta kepada masyarakat untuk tidak alergi dan takut dengan istilah PPKM

"Jadi, jangan alergi dengan istilah PPKM. Karena itu bagian dari cara kita membatasi mobilitas," pungkasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved