Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Amankah Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui? Timbulkan Efek Samping? Simak Ulasannya Berikut Ini

Amankah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk ibu menyusui? Apakah menimbulkan efek samping? Simak ulasannya berikut ini.

Editor: Dwi Prastika
Shutterstock By Studio Peace
Amankah vaksin Covid-19 untuk ibu menyusui? Simak ulasannya berikut ini. 

TRIBUNJATIM.COM - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) yang bertujuan untuk melindungi tubuh dari infeksi virus Corona, sudah dimulai sejak awal tahun 2021 ini. Sebelum vaksinasi, tentu saja kondisi tubuh harus memenuhi persyaratan untuk bisa diberikan vaksin. Lalu, bagaimana dengan ibu menyusui? Apakah vaksin Covid-19 untuk ibu menyusui aman dilakukan dan tak menimbulkan efek samping? Simak ulasannya berikut ini.

Ibu Menyusui Ikut Vaksinasi Covid-19, Bolehkah?

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang mempertanyakan mengenai keamanan pemberian vaksin Covid-19 untuk ibu yang sedang menyusui. Pasalnya, pada awal peluncuran vaksin Covid-19 ini, vaksin tak diperuntukkan untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan karena ibu menyusui tak terlibat dalam tahap uji klinis awal vaksin Covid-19 tersebut.

Tak dilibatkannya ibu menyusui dalam tahap uji klinis awal vaksin Covid-19 ini adalah karena ditakutkannya ada efek pada bayi yang masih mengonsumsi ASI. Namun, seiring dengan dilakukannya gelombang vaksinasi di seluruh dunia dan telah banyak ibu menyusui yang telah divaksinasi, para peneliti menyimpulkan vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui. 

Tak hanya aman untuk diberi vaksin, namun ibu menyusui juga direkomendasikan untuk menjalani vaksinasi Covid-19, karena akan memberikan efek yang bagus untuk bayinya. Pasalnya, dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa ASI ibu menyusui yang telah menjalani vaksinasi, ternyata mengandung antibodi yang bisa melindungi bayi dari paparan virus Corona. 

Baca juga: Cara Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi Covid-19, Mulai Kendalikan Pikiran hingga Terapkan Prokes

Hasil Penelitian yang Mendukung Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Dibolehkannya vaksinasi Covid-19 untuk ibu menyusui, tentu saja telah didukung oleh penelitian pada ibu menyusui yang telah menjalani vaksinasi tersebut. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, diperoleh fakta bahwa pemberian vaksin malah memberikan antibodi pada bayi, agar terlindung dari virus Corona. Simak berikut ini beberapa hasil penelitian tersebut.

Pertama, ada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Washington University School of Medicine di St Louis. Penelitian melibatkan 5 ibu menyusui, yang diambil sampel ASI-nya setelah memperoleh 2 dosis vaksin, ada yang dari Pfizer dan BioNTech. Berdasarkan sampel yang telah diteliti tersebut, ditemukan bahwa kekebalan tubuh bayi yang disusui mengalami peningkatan.

Peningkatan antibodi besar-besaran atas virus Corona dalam ASI tersebut, terjadi selepas 2 minggu dosis vaksin pertama diberikan. Dikarenakan antibodinya begitu tinggi, jadi dipercayai bahwa perlindungannya atas virus Corona pun juga akan bertahan lama di tubuh bayi. Jadi, tak hanya ibu menyusuinya saja yang terlindungi, melainkan juga bayi yang sedang disusuinya.

Kedua, ada hasil penelitian yang termuat di American Journal of Obstetrics and Gynecology pada akhir bulan Maret, yang juga menunjukkan vaksin Covid-19 untuk ibu menyusui itu aman. Dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, sampel pada penelitian ini lebih banyak, yakni berjumlah 131 pasien, yang mana 31 di antaranya sedang dalam fase menyusui.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved