Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Bolehkah Vaksinasi Covid-19 untuk Pengidap Asma? Berikut Penjelasannya

Bolehkah vaksin Covid-19 disuntikkan pada pengidap asma? Berikut penjelasan lengkapnya!

Editor: Dwi Prastika
Shutterstock By Orawan Pattarawimonchai
Bolehkah vaksin Covid-19 untuk pengidap asma? Berikut penjelasannya. 

TRIBUNJATIM.COM - Vaksinasi Covid-19 (virus Corona) sudah mulai dilakukan sejak awal tahun 2021 dan masih berlangsung hingga saat ini. Seseorang boleh diberi vaksin, jika memang kondisi tubuhnya memenuhi syarat yang ditentukan. Lalu, bagaimana dengan para pengidap asma? Apakah mereka bisa menerima vaksin Covid-19 ini? Simak ulasan mengenai keamanan vaksin Covid-19 untuk pengidap asma berikut ini. 

Vaksin Covid-19 untuk Pengidap Asma, Boleh atau Tidak?

Pada informasi awal pemberian vaksin Covid-19, penderita asma merupakan golongan yang dikecualikan untuk divaksinasi. Pasalnya, asma merupakan salah satu komorbid atau penyakit penyerta, yang ditakutkan akan memburuk kondisinya dengan pemberian vaksin Covid-19 ini. Namun sekarang, vaksinasi untuk melindungi diri dari infeksi virus Corona sudah diperbolehkan untuk penderita asma.

Dibolehkannya vaksin Covid-19 untuk pengidap asma ini disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr Agus Dwi Susanto. Pernyataan tersebut disampaikan oleh dr Agus Dwi Susanto melalui akun Instagram resmi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pada tanggal 1 Maret 2021 silam.

Baca juga: Cara Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi Covid-19, Mulai Kendalikan Pikiran hingga Terapkan Prokes

Vaksin Covid-19 diperbolehkan untuk diberikan pada penderita asma yang terkontrol baik. Penderita asma terkontrol baik adalah yang menunjukkan gejala kurang dari 2 kali per minggu dan tak butuh pelega lebih dari dua kali per minggu. Selain itu, penderita asma tersebut juga mesti tak terbangun malam hari dan tanpa keterbatasan aktivitas.

Rekomendasi pemberian vaksin Covid-19 untuk penderita asma sebelumnya juga disampaikan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Vaksin Covid-19 dengan merek Sinovac direkomendasikan untuk diberikan pada orang dengan komorbid, termasuk di dalamnya pengidap asma bronkial.

Pemberian vaksin Covid-19 juga diperbolehkan untuk penderita asma yang menggunakan kortikosteroid inhalasi. Pernyataan tersebut disampaikan oleh American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI). Rekomendasi ini didasari atas tak ditemukannya indikasi melemahnya sistem imun, pada tubuh penderita asma yang menggunakan kortikosteroid inhalasi.

ACAAI juga menyampaikan bahwa penderita asma yang mengonsumsi kortikosteroid oral juga bisa divaksin. Namun, penelitian lanjutan tetap dibutuhkan untuk melihat sejauh mana efektivitas vaksin ini, karena ada potensi berkurangnya respons imun tubuh. Keefektifannya kemungkinan tergantung pada dosis harian dan seberapa lama pengonsumsian kortikosteroid oral tersebut.

Dengan ini, bisa disimpulkan bahwa pemberian vaksin Covid-19 hanya untuk pengidap asma dengan kondisi tertentu saja. Jika sekiranya seseorang tergolong sebagai penderita asma akut, jangan dipaksakan untuk menjalani vaksinasi Covid-19. PAPDI menyarankan penderita asma akut untuk menunda terlebih dahulu penerimaan vaksin Covid-19, sampai kondisinya jadi lebih terkontrol.

Apa yang Harus Dilakukan Jelang Vaksinasi Covid-19 untuk Pengidap Asma?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved