Breaking News:

Berita Jember

Polisi Minta Keterangan Bendahara BPBD Jember Terkait Honor Pemakaman Jenazah Covid-19

Polisi meminta keterangan bendahara BPBD terkait honor pemakaman jenazah Covid-19 yang diterima pejabat Pemkab Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19 - Polisi meminta keterangan bendahara BPBD terkait honor pemakaman jenazah Covid-19 yang diterima pejabat Pemkab Jember. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jember menyelidiki aliran honor pemakaman jenazah Covid-19 kepada pejabat Pemkab Jember.

Polisi meminta keterangan dari Bendahara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Siti Fatimah, Jumat (27/8/2021).

Kepala Satreskrim Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna mengatakan, bendahara BPBD Jember memenuhi panggilan dari penyelidik Polres Jember.

"Kami menindaklanjuti informasi yang beredar di masyarakat perihal honor pemakaman pasien Covid-19 itu. Kami mengambil langkah penyelidikan, sejauh ini masih satu orang yang kami mintai keterangan, dari BPBD Jember," ujar Yogi, Jumat (27/8/2021).

Pemeriksaan awal itu terkait anggaran honor pemakaman jenazah Covid-19 yang beberapa hari terakhir jadi perbincangan.

"Setelahnya, kami akan melakukan gelar dari pemeriksaan awal ini," imbuhnya.

Pemeriksaan tersebut merupakan pemeriksaan perdana. Hasil dari pemeriksaan itu, akan menjadi bahan gelar perkara untuk menentukan proses hukum selanjutnya.

Baca juga: DPRD Jember Sarankan Pejabat Penerima Honor Pemakaman Jenazah Covid-19 untuk Kembalikan: Tak Pantas

Dalam pemeriksaan awal itu, bendahara BPBD Jember menyerahkan sejumlah berkas, yakni salinan surat keputusan atau SK pengangkatan jabatan, daftar pelaksanaan anggaran atau DPA, surat perintah membayar SPM, surat perintah pencairan dana SP2D, bukti pembayaran honor pejabat, dan bukti pembayaran honor petugas BPBD.

Seperti diberitakan, ramai menjadi perbincangan sejumlah kalangan di Jember perihal honor pemakaman jenazah Covid-19 yang diterima oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Sekda Jember Mirfano, Kepala BPBD Jember M Djamil, dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Penta Satria.

Setiap orang menerima honor sebesar Rp 70,5 juta untuk 705 kali pemakaman di bulan Juni 2021. Totalnya mencapai Rp 282 juta.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved