Breaking News:

Berita Jatim

Target Ekspor Porang, Karantina Pertanian Bangkalan Gandeng Pemda Sumenep

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Bangkalan terus melakukan upaya peningkatan ekspor pertanian. Bidik potensi ekspor porang.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Hefty Suud
Istimewa/TribunJatim.com
Karantina Pertanian Bangkalan makin getol lakukan upaya peningkatan ekspor pertanian dengan membidik komoditas potensi ekspor berupa porang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Bangkalan terus melakukan upaya peningkatan ekspor pertanian dengan membidik komoditas potensi ekspor berupa porang.

Porang bersama dengan sarang burung walet, saat ini menjadi komoditas ekspor super prioritas pemerintah yang terus ditingkatkan produktivitasnya baik dari hulu sampai hilir.

Adapun, dari data IQFAST, Badan Karantina Pertanian (Barantan) di Karantina Pertanian Bangkalan, komodias andalan ekspor asal pulau Madura masih hanya berupa arang briket kelapa.

“Bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sumenep, kita dorong porang menjadi komoditas andalan ekspor baru.

Baca juga: Porang Jadi Komoditas Unggulan Pertanian Nasional, Bupati Madiun Intervensi Petani Agar Mandiri

Hal ini sejalan dengan tugas strategis yang diberikan Menteri Pertanian, Bapak Syahrul Yasin Limpo untuk mengawal peningkatan ekspor pertanian, “ujar Kepala Karantina Pertanian Bangkalan, Agus Mugiyanto, Senin (30/8/2021).

Agus juga menerangkan, bahwa Kabupaten Sumenep memiliki lahan sekitar  43 hektar yang menghasilkan katak dan umbi porang.

Dengan wilayah sentra di tiga kecamatan, yakni Arjasa, Ambunten, dan Sapeken. Pemerintah Kabupaten Sumenep direncanakan akan mengawal secara khusus budidaya dan pengembangan porang ini agar dapat dijadikan kawasan komoditas ekspor andalan baru.

“Bersama Pemkab Sumenep pengawalan pengelolaan komoditas porang dari hulu hingga hilir akan dilakukan secara menyeluruh hingga dapat bersaing di pasar ekpor,” tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved