Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Tambah Laboratorium PCR di Dua Faskes, Percepat Proses Testing Covid-19

Kabupaten Banyuwangi akan menambah dua fasilitas kesehatan (Faskes) yang memiliki laboratorium PCR. Percepat testing Covid-19.

Penulis: Haorrahman | Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Haorrahman
Penguatan testing dengan melakukan swab antigen di ruang publik. Kini Banyuwangi menambah laboratorium PCR di fasilitas kesehatan.  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi akan menambah dua fasilitas kesehatan (Faskes) yang memiliki laboratorium pemeriksa polymerase chain reaction (PCR).

Dengan penambahan ini diharapkan akan mempercepat proses testing virus Corona ( Covid-19 ) di Banyuwangi. 

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, saat ini Banyuwangi hanya memiliki satu fasilitas pemeriksa PCR yakni di laboratorim kesehatan daerah (Labkesda) Banyuwangi.

"Dengan tambahan dua faskes lagi, total laboratorium pemeriksa PCR berjumlah tiga faskes. Dalam waktu dekat akan ada tambahan dua faskes (pemeriksa PCR). Saat ini sudah dalam tahapan visitasi yaitu di RS Blambangan dan Yasmin," jelas dr Rio, Rabu (31/8/2021).

Baca juga: Lapor Bansos Online, Hari Ini Paket Sembako untuk Warga Mulai Disalurkan Pemkab Banyuwangi

 Menurutnya, faskes yang belum memiliki laboratorium pemeriksa PCR biasanya bekerja sama dengan faskes di luar Banyuwangi yang sudah memiliki Laboratorium pemeriksa PCR. 

Mereka mengirim sampel swab yang sudah di ambil ke faskes yang mempunyai laboratorium PCR mitranya.

Dia menjelaskan, faskes di Banyuwangi yang bekerja sama dengan faskes di luar Banyuwangi untuk pemeriksaan PCR ini pastinya memilih faskes yang resmi.

"Dalam artian faskes pemeriksa PCR sudah terafiliasi dengan system NAR (New All Record) dari Kementerian Kesehatan yang sudah terintegrasi dengan Sistem Satu Data covid-19 PeduliLindungi secara real time," tambahnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved