Breaking News:

Berita Trenggalek

Hama Tikus Serang Tanaman Jagung, Pemdes di Trenggalek Gelar Sayembara: Satu Ekor Dihargai Rp 1000

Hama tikus tengah menyerang tanaman di banyak lahan pertanian yang ada di Kabupaten Trenggalek. Untuk itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Salamrejo

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar
TRIBUN PONTIANAK
Ilustrasi Tikus di Trenggalek serang jagung 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK- Hama tikus tengah menyerang tanaman di banyak lahan pertanian yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Untuk itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Salamrejo, Kecamatan Karangan menggelar sayembara yang mengajak warga dan para petani berburu tikus.

Bentuk sayembara itu, pihak pemdes akan menghargai tikus-tikus tangkapan warga seharga Rp 1 ribu per ekor. Sayembara ini akan digelar selama lima hari mulai Senin (6/9/2021).

"Tikus besar-kecil kami hargai Rp 1 ribu per ekor. Berlaku kelipatannya," kata Pj Kades Salamrejo Bambang Dwi Putranto, Kamis (2/9/2021).

Pemdes Salamrejo bersama kelompok tani setempat menyediakan total hadiah sebanyak Rp 3 juta untuk sayembara itu. Berarti, ada seribu tikus yang bisa "setorkan" ke pemdes untuk ditukar dengan uang tunai.

Bambang mengatakan, reward berupa uang tersebut hanya berlaku untuk warga desa setempat. Pihaknya juga meminta agar tikus yang dibawa ke balai desa nantinya adalah tikus yang beredar di wilayah Salamrejo dan sekitarnya.

"Nanti kalau program ini efektif, bisa saja kami lanjutkan ke depannya," sambung Bambang.

Sekadar untuk diketahui, total luasan lahan pertanian di Desa Salamrejo sekitar 100 hektare. Saat ini mayoritas lahan ditanami jagung.

Baca juga: Sebelum Mundur dari Presiden, Soeharto Ternyata Sudah Siapkan Sosok Pengganti, Sebut Tidak Ambisi

Hama tikus mulai menyerang sejak pekan terakhir. Bambang mengatakan, sudah banyak petani yang mengaku kesusahan akibat hama tikus kali ini.

"Upaya dari para petani sudah ada. Tapi namanya usaha, kalau sifatnya sendiri-sendiri, ternyata kurang efektif," kata Bambang.

Ia berharap, sayembara tersebut bisa menolong para petani agar tanamannya tak rusak akibat hama tikus. Sehingga, mereka bisa mendapat untung ketika musim panen tiba. (fla)

Kumpulan berita Trenggalek terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved