Breaking News:

Berita Banyuwangi

'Jagoan Bisnis' Cara Banyuwangi Gelorakan Bangga Buatan Indonesia

Program ”Jagoan Bisnis”, ajang mencetak ratusan pengusaha muda di Banyuwangi, terus berlangsung.

Penulis: Haorrahman | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Haorrahman
Setelah masa inkubasi 3 bulan dengan berbagai mentor berpengalaman, sebanyak 33 tim finalis (99 orang) mengikuti “pitching day” untuk mempresentasikan bisnisnya. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Program ”Jagoan Bisnis”, ajang mencetak ratusan pengusaha muda di Banyuwangi, terus berlangsung. 

Sebanyak 555 anak muda dari 185 tim mengikuti ajang ini, yang terbagi dalam kategori ide bisnis dan rintisan usaha, dengan total hadiah modal Rp100 juta dari Pemkab Banyuwangi.

Setelah masa inkubasi 3 bulan dengan berbagai mentor berpengalaman, sebanyak 33 tim finalis (99 orang) mengikuti “pitching day” untuk mempresentasikan bisnisnya. 

Berbagai profil bisnis, rencana pengembangan usaha, pemasaran, dan prototipe produk dipresentasikan ke juri dan perwakilan dunia usaha. 

Sektor bisnisnya beragam, mulai olahan kuliner, fashion, jasa, pendidikan, pariwisata, hingga platform digital.

“Luar biasa semua tim yang terlibat. Kita sekarang mengubah pola pelatihan kewirausahaan, yang biasanya 1-2 hari tanpa pendampingan, menjadi proses inkubasi, melewati mentoring, dengan mentor berpengalaman. Ini ikhtiar menumbuhkan kewirausahaan anak muda sebagai dorongan untuk pemulihan ekonomi,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (5/9).

Ipuk mengatakan, program “Jagoan Bisnis” ini juga merupakan dukungan untuk menggelorakan “Bangga Buatan Indonesia”, gerakan yang digagas Presiden Joko Widodo untuk menumbuhkan berbagai produk lokal.

“Tadi saya lihat bagaimana presentasi anak-anak muda Banyuwangi, menghadirkan prototipe produk, dan semuanya lokal. Pokoknya, lokal tak gentar. Ini salah satu dukungan Banyuwangi untuk gerakan Bangga Buatan Indonesia yang digagas Presiden Jokowi, juga didukung BI, OJK, dan berbagai kementerian,” ujar Ipuk.

Baca juga: Ketakutan Soeharto Saat Dielu-elukan Siswa SD, Ucapan Terbukti Saat Kekuasannya Tumbang: Bom Waktu

Ipuk mengatakan, tim terbaik akan dipilih untuk mendapatkan hibah modal usaha total Rp100 juta dari Pemkab Banyuwangi. “Nanti kita integrasikan dengan lintas dinas, misal yang terkait perizinan, jadi anak-anak muda ini bisa langsung punya izin usaha. Usahanya menjadi real business, bukan hanya ide di presentasi,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved