Breaking News:

Kampus Surabaya

Mahasiswa UNESA Kembangkan FFC Games Edukatif Olahraga Tradisional

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengembangkan sebuah inovasi games edukatif

Penulis: Zainal Arif | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Nanda Agil, Riska Devi Kurniawati, Mohamad Rizki Ali Ridho dari S1 Ilmu Keolahragaan Unesa, Senin (6/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Zainal Arif 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengembangkan sebuah inovasi games edukatif tentang permainan dan olahraga tradisional di Indonesia.

Dalam pembuatannya, mereka memanfaatkan teknologi digital berupa barcode serta aplikasi yang dapat di download melalui google play store. 

Produk tersebut bermerek Finesa Flashcard Culture (FFC). 

Tim FFC ini terdiri dari Nanda Agil, Riska Devi Kurniawati, Mohamad Rizki Ali Ridho dari S1 Ilmu Keolahragaan, Halimatus Sya’diyah dari S1 Desain Komunikasi Visual dan Intan Novita Sari Noer Qholby Maulidiyah dari S1 Teknik Informatika. 

Ketua Tim, Nanda Agil mengungkapkan Ide inovasi tersebut muncul atas keprihatinan terhadap kondisi terkikisnya permainan dan olahraga tradisional saat ini.

Baca juga: Mahasiswa Unesa Daur Ulang Limbah Spanduk Jadi Tiktokers Bag Multifungsi

Hal itulah yang kemudian mendorong timnya untuk melakukan survey kepada para remaja.

"Hasilnya menunjukkan bahwa dari 103 responden 76,7 persen diantaranya sering memainkan game online," ujar Nanda kepada SURYA.co.id (Grup Tribun Jatim Network), Senin (6/9/2021).

Lebih rinci, Nanda mengatakan ada 65 persen media yang sering digunakan bermain game ialah melalui smartphone.

Sementara 81,5 persen responden tidak pernah bermain game permainan tradisional baik melalui media digital atau secara langsung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved