Breaking News:

Berita Kota Blitar

Pemkot Blitar Akan Lakukan Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata di Masa PPKM Level 3

Pemkot Blitar berencana melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di masa PPKM Level 3 pencegahan penyebaran Covid-19 (virus Corona).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono saat ditemui pada Jumat (10/9/2021). Dia mengatakan, Pemkot Blitar berencana melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di masa PPKM Level 3. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar berencana melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 pencegahan penyebaran Covid-19 (virus Corona). 

Tapi, uji coba pembukaan tempat wisata harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kota Blitar. 

"Pengelola tempat wisata mengajukan rekomendasi ke Satgas Covid-19 Kota Blitar. Kalau mendapat rekomendasi, mereka bisa uji coba pembukaan tempat wisata," kata Sekda Kota Blitar, Priyo Suhartono, Jumat (10/9/2021). 

Priyo mengatakan, rencana pembukaan tempat wisata masih tahap uji coba karena status Kota Blitar masih menerapkan PPKM Level 3.

"Wisata bisa buka tapi ada tulisan uji coba, karena masih PPKM Level 3. Kalau sudah Level 2 baru bisa buka semua," ujarnya. 

Dikatakannya, tenknis uji coba pembukaan tempat wisata akan diatur oleh Satgas Covid-19 Kota Blitar. 

Termasuk soal pembatasan pengunjung dan penerapan protokol kesehatan akan ditentukan oleh Satgas Covid-19

"Ada pembatasan pengunjung. Misalkan di Makam Bung Karno nanti pengunjungnya dikendalikan, berapa persen yang boleh masuk akan diatur Satgas Covid-19," katanya. 

Baca juga: Pedagang Buat Tempat Berdoa di City Walk, Dinas Pariwisata Kota Blitar Minta Tetap Terapkan Prokes

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, uji coba pembukaan tempat wisata harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Sebelum ikut uji coba, pengelola tempat wisata harus menyampaikan rencana penerapan protokol kesehatan kepada Satgas Covid-19

"Misalnya, pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas," katanya. 

Selain itu, kata Hakim, pengelola juga harus menyediakan aplikasi Peduli Lindungi untuk memastikan status kesehatan dan kartu vaksin pengunjung. 

"Uji coba ini di tempat wisata tertentu yang kondisinya terbuka. Rencananya, yang akan diuji coba buka di Makam Bung Karno," ujarnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved