Breaking News:

Berita Politik

Bersyukur Perpres 82/2021 Diteken Presiden Jokowi, DPW PKB Sowan PWNU Jatim

DPW PKB Jawa Timur menyambut positif disahkannya Perpres nomor 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang diteken Presiden Joko Widodo

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Pengurus DPW PKB Jawa Timur saat berkunjung ke kantor PWNU Jawa Timur. Dalam sowannya itu, PKB Jawa Timur juga menggelar syukuran lantaran Perpres nomor 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren diteken Presiden Joko Widodo. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPW PKB Jawa Timur menyambut positif disahkannya Perpres nomor 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang diteken Presiden Joko Widodo

Perpres tentang dana abadi pesantren itu disambut baik. Hal itu juga diwujudkan dengan mereka sowan kepada PWNU Jawa Timur sekaligus tasyakuran, Senin (14/8/2021). 

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan, pihaknya menyambut baik lantaran hal itu menunjukkan fasilitas anggaran kepada pesantren diperhatikan. 

"Ini bentuk afirmasi pemerintah dalam fasilitasi anggaran bahwa pondok pesantren dengan pendidikan umum mempunyai hak yang sama dalam memperoleh hak budget atau anggaran," kata Anik, di Kantor PWNU Jatim. 

Dalam pertemuan tersebut, Anik didampingi beberapa pengurus dari PKB Jatim. Diantaranya, Bendahara DPW yang juga Ketua Fraksi PKB Jawa Timur, Fauzan Fuadi. Mereka sowan ke sejumlah kiai di kalangan PWNU Jatim. 

Menurut Anik, pihaknya bersyukur juga lantaran PKB merupakan inisiator Undang-undang pondok pesantren, sekaligus getol mengawal implementasi dari klausul pasal dana abadi. 

"Dan hari ini legalitas dalam bentuk Perpres muncul, maka kami bersyukur. Ungkapan syukur itu akhirnya kami melakukan tasyakuran kenduren secara sederhana bersama PWNU Jatim," ucap Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim. 

Anik mengungkapkan, pihaknya memang sengaja melakukan sowan dan syukuran bersama PWNU Jatim. Sebab, mereka merasa lahir dan dibidani di lingkungan kiai nahdliyin.

Baca juga: 1 Bus Dikabarkan Terguling di Tol Waru, PJR Polda Jatim Sudah Tiba di Lokasi

"Kedua, karena hakikat pondok pesantren mayoritas adalah banyak di Nahdlatul Ulama. Karenanya, NU adalah perwakilan pondok pesantren," ungkap Anik. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved