Breaking News:

Berita Malang

Polresta Malang Kota Miliki Cold Storage Vaksin, Mampu Simpan 7.000 Dosis Vaksin

Berbagai upaya untuk percepatan vaksinasi terus dilakukan Polresta Malang Kota. Salah satunya, dengan melengkapi berbagai fasilitas pendukung untuk

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.com/ Kukuh Kurniawan
Salah satu petugas Klinik Polresta Malang Kota saat menunjukkan Depo Storage Vaccines Carrier yang baru saja dimiliki. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Berbagai upaya untuk percepatan vaksinasi terus dilakukan Polresta Malang Kota.

Salah satunya, dengan melengkapi berbagai fasilitas pendukung untuk menyimpan vaksin Covid-19

Kepala Urkes Polresta Malang Kota, drg. Akhmadi Prabowo mengatakan, ruang penyimpanan suhu dingin (cold storage) vaksin itu bernama Depo Storage Vaccines Carrier.

Dan cold storage itu, diletakkan di Klinik Polresta Malang Kota.

"Fasilitas penyimpanan ini, didatangkan langsung Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto pada Sabtu (11/9/2021). Dan fasilitas baru, ini bisa menampung vaksin 3 kali lipat lebih banyak," ujarnya saat dihubungi TribunJatim.com, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Dua Saksi Polisi Dihadirkan, Ali Usman Bandar Sabu di Surabaya Sangkal Uangnya Hasil Kejahatan

Dirinya menjelaskan, kapasitas cold storage baru itu bisa menyimpan sekitar 5.000 hingga 7.000 dosis vaksin.

"Karena sebelumnya, kami hanya menyimpan di kulkas biasa, yang kapasitasnya hanya 1.000 hingga 2.000 dosis vaksin. Bahkan sebelum adanya storage baru itu, kami juga harus menitipkan pada PMI Kota Malang atau Dinkes Kota Malang, bila ada dropping vaksin dari Pusdokkes maupun Dinkes Kota Malang," bebernya.

Dirinya mengungkapkan, masa penyimpanan vial vaksin bisa bertahan sampai enam bulan. Hal itu sesuai dengan masa berlaku dari vaksin tersebut.

"Yang penting, disimpan dalam suhu sekitar 2 hingga 8 derajat Celcius," tambahnya.

Saat ini, fasilitas cold storage seharga Rp 39 juta itu baru terisi sekitar 3.800 dosis vaksin. Dan akan digunakan untuk vaksinasi pada Kamis (16/9/2021) di Graha Cakrawala dan Masjid Jami Kota Malang.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto berharap dengan adanya tempat penyimpanan tersebut, diharapkan proses vaksinasi lebih lancar dan lebih efisien.

"Dengan adanya tempat penyimpanan baru ini, proses vaksinasi lebih mudah dan lebih efisien. Selain itu, cold storage vaksin ini memiliki kelebihan. Apabila terjadi pemadaman listrik, cold storage itu mampu memberikan suhu dingin selama 1x24 jam. Sehingga, tidak khawatir vaksin itu akan rusak," tandasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved