Breaking News:

Berita Jember

Melihat Lebih Dekat Tandon Air Raksasa Ikon Jember yang Jadi Wisata Heritage

Melihat lebih dekat tandon air raksasa ikon Jember yang menjadi wisata heritage. Delapan pilarnya masih kukuh menopang tandon.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Wisatawan mengikuti city tour memakai Angkutan Wisata Jember di menara air Pasar Tanjung, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kabupaten Jember menyimpan sejumlah bangunan bernilai sejarah. Bangunan-bangunan itu masih kukuh berdiri, dan bisa dikunjungi.

Tidak sekadar dikunjungi, tetapi bisa dijadikan tempat tujuan wisata.

Tandon air yang menjulang di Pasar Tanjung, misalnya. Menara air itu bisa dijadikan salah satu destinasi wisata sejarah di Jember.

Pegiat social tourism Tamasya Bus Kota (TBK) Jember memasukkan menara air Pasar Tanjung sebagai salah satu tujuan wisata di paket wisata City Tour Jember. Menara air ini pula masuk dalam daftar kunjungan rute city tour yang memakai Angkutan Wisata Jember.

Angkutan Wisata Jember sendiri diluncurkan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, Rabu (15/9/2021).

Usai peluncuran program tersebut, Tribun Jatim Network mengikuti perjalanan wisatawan rute City Tour Jember. Tujuan pertama adalah menara air Pasar Tanjung.

Wisatawan diajak melihat menara atau tandon air itu dari dekat, yakni dari rooftop Pasar Tanjung. Bangunan tersebut terlihat menjulang. Delapan pilarnya masih kukuh menopang tandon air yang berbentuk lingkaran.

Founder TBK yang juga menginisiasi lahirnya program Angkutan Wisata Jember, Hasti Utami menegaskan, menara air Pasar Tanjung itu masuk dalam daftar kunjungan wajib rute City Tour alias putar-putar Kota Jember.

"Karena Pasar Tanjung ini memiliki nilai sejarah. Biar orang tidak hanya mengenal Pasar Tanjung sebagai tempat membeli brambang (bawang merah). Gema Proklamasi di Jember pertama kali diperdengarkan dari Radio RRI yang berada di Kantor Mantri Pasar. Kemudian ada tandon atau menara air ini, yang ada sejak sejarah perkebunan Jember. Menara air ini adalah ikon Kota Jember," tegas Hasti.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved