Breaking News:

Berita Banyuwangi

Aqua Banyuwangi, Pabrik Ramah Lingkungan dengan Predikat Emas Pertama di Indonesia

Pabrik Aqua Banyuwangi berhasil menjadi pabrik ramah lingkungan dengan predikat emas pertama di Indonesia.

Editor: Taufiqur Rohman
TribunJatim.com/istimewa
Pabrik Aqua Banyuwangi 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - PT Tirta Investama – Pabrik Banyuwangi (Aqua Banyuwangi) menerima anugerah Green Building LEED Gold Certificate untuk fasilitas pabrik Aqua Banyuwangi.

Anugerah Sertifikat Emas ini diserahkan oleh Gopalakrishnan Padmanabhan dari Green Business Certification Inc (GBCI) kepada Frederic Maetz dari Danone Aqua pada 28 September 2021. Ikut menyaksikan pemberian penghargaan, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Green Building LEED Gold Certificate diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan praktik bangunan yang ramah lingkungan. Untuk katagori manufaktur, Aqua Banyuwangi adalah industri pertama di Indonesia yang menerima anugerah ini.

Managing Director Green Business Certification Inc  (GBCI) & The U.S. Green Building Council (USGBC) – Asia Pasific & Middle East Markets Country,  Gopalakrishnan Padmanabhan mengatakan, sertifikasi LEED Danone Aqua menunjukkan perkembangan green building yang luar biasa di Indonesia.

“Bangunan yang mencapai sertifikasi LEED telah menurunkan emisi karbon dan mengurangi biaya operasi, juga memprioritaskan praktik berkelanjutan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Proyek ini juga menyatukan dua institusi dunia dalam visi bersama untuk menjaga kesehatan masyarakat dan kelestarian planet,” ujarnya, dalam siaran tertulis yang diterima TribunJatim.com, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Danone Indonesia Gelar Sentra Vaksinasi Indonesia Maju di Surabaya, Sasar Ribuan Warga

Menurutnya, Aqua Banyuwangi merupakan industri pertama di Indonesia yang mampu lolos melewati penilaian Emas sejak proyek dimulai hingga beroperasi saat ini, proses audit dilakukan sejak proses konsolidasi lahan pada tahun 2019 hingga pabrik beroperasi.

"Tidak hanya aspek efisiensi, tetapi juga safety, pengolahan limbah, inovasi, sistem transportasi hingga kualitas," jelasnya. 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi sertifikasi Aqua Banyuwangi yang sejalan dengan visi Kabupaten Banyuwangi sebagai wilayah yang maju dengan Environment Sustainability atau harmoni bersama alam.

“Dengan pendekatan efisiensi energi dan lingkungan, sertifikasi ini relevan sekali karena mendorong industri untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik pada sumber daya manusianya,” ucapnya.

Provinsi Jatim, kata Emil peringkat kedua kontribusi ekonominya pada Indonesia, dengan total penduduk 40 juta, lebih besar dari Malaysia atau bahkan Australia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved