Breaking News:

Berita Bisnis

Bina Talenta Muda Kembangkan Pemanfaatan EBT, Ini Langkah yang Dilakukan GE Indonesia

GE Youth Idea Competition adalah program edukasi dan kompetisi dalam energi baru terbarukan untuk mahasiswa Indonesia.

Editor: Sudarma Adi
Bina Talenta Muda Kembangkan Pemanfaatan EBT, Ini Langkah yang Dilakukan GE Indonesia
Tribunnews.com
General Electric Indonesia

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - General Electric (GE) Indonesia yang menggandeng Society of Renewable Energy (SRE), mengumumkan pemenang Whitepaper Competition - GE Youth Idea Competition, yaitu Tim Tekfer dari Institut Teknologi Bandung. 

GE Youth Idea Competition adalah program edukasi dan kompetisi dalam Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mahasiswa Indonesia.

Program ini terdiri dari dua kegiatan, seri webinar online dan kompetisi whitepaper.

Rangkaian seminar online digelar sejak Mei 2021, yang berfokus pada energi baru terbarukan dengan berbagai topik relevan tentang produksi dan penyimpanan energi, transformasi digital, kebijakan publik dan sosial, serta ekonomi dan keuangan.

Baca juga: Dukung Implementasi KBLBB, PLN Gelar Electric Vehicle Road Trip dan Pilot Project SPBKLU

Pembicara-pembicara ternama dari pemerintahan, pelaku industri, dan GE berbicara dan berinteraksi dengan lebih dari 1200+ peserta dari 36 universitas dari seluruh Indonesia.

Sedangkan kompetisi whitepaper, diharapkan bisa menjadi sarana penyaluran ide-ide dan inovasi mahasiswa untuk ikut ambil bagian dalam mencari solusi untuk percepatan proses dekarbonisasi Indonesia, sebagaimana mereka adalah calon-calon pemimpin di masa depan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana mengungkapkan bahwa ketersediaan sumber daya manusia yang unggul dibutuhkan untuk mendukung proses transisi energi Indonesia dalam rangka dekarbonisasi atau carbon-netral.

Baca juga: Melalui Electricity Lifestyle, PT PLN Dukung Festival Kopi 2019 yang Digelar di Nusa Dua Bali

“Pemerintah mengharapkan Indonesia sudah mewujudkan dekarbonisasi pada 2060 atau lebih cepat. Batubara nanti akan digantikan oleh Energi Baru Terbarukan. Dalam dua hingga tiga tahun kedepan kita harus memastikan terjadi proses transisi energi,” kata Dadan Kusdiana saat Grand Closing GE SRE Youth Idea Competition, dalam rilisnya, Kamis (30/9/2021).

Whitepaper dari tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang berjudul ‘Inovasi Sistem Minigrid Hibrida Biomassa Sekam Padi dan Energi Surya untuk Mendukung Dekarbonisasi dan Elektrifikasi pada Sektor Pertanian’ terpilih sebagai pemenang dari lebih dari 100 tim mahasiswa yang ikut berpartisipasi.

Pemenang kedua adalah tim dari Universitas Gadjah Mada, sedangkan yang meraih posisi ketiga adalah tim dari Politeknik Negeri Semarang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved