Breaking News:

Berita Jatim

Ini Motif Djoni Gelapkan Emas 9 Kg hingga Kabur Bersembunyi di Tangerang Banten

Motif Djoni (38) pelaku utama penggelapan tujuh batang emas seberat sekitar sembilan kilogram yang ditangkap Polda Jatim, karena terdesak biaya meluna

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/LUHUR PAMBUDI
Djoni dan SB saat dikeler ke Mapolda Jawa Timur 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Motif Djoni (38) pelaku utama penggelapan tujuh batang emas seberat sekitar sembilan kilogram yang ditangkap Polda Jatim, karena terdesak biaya melunasi hutang.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Lintar Mahardono mengungkapkan, aksi nekat pelaku menggelapkan emas batangan milik toko emas yang bermitra dengan perusahaannya, disebabkan terdesak pelunasan piutang.

Kendati begitu, Lintar enggan merinci berapa besaran piutang dan kepada siapa, si pelaku berhutang. Pasalnya, konten informasi tersebut terlalu dalam, dan cenderung bersifat pribadi.

"Motifnya dia karena terlilit hutang. Itu baru pertama kali, tapi Rp6 Miliar," ujarnya saat ditemui TribunJatim.com, di depan Gedung Humas Mapolda Jatim, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Kisah Pelarian Djoni Gelapkan Emas Batangan 9 Kg Bak Film The Italian Job, Disergap saat Check Out

Djoni merupakan karyawan yang bertugas sebagai kurir pengambilan emas di sebuah perusahaan pemurnian dan peleburan emas, di Surabaya.

Pada Selasa (31/8/2021), Djoni diperintahkan secara resmi oleh atasannya di perusahaan PT IGS, untuk mengambil batangan emas milik toko emas tersebut untuk dimurnikan.

Namun, dongkolnya, oleh Djoni batangan emas milik toko tersebut, malah dibawa kabur olehnya, untuk segera diuangkan secepat mungkin sebelum dicurigai oleh pihak perusahaannya.

Djoni berupaya menguangkan batangan emas itu, dengan cara menjualnya ke pedagang emas kaki lima di pasar tradisional.

Dengan siasat itulah, Djoni akhirnya menemui pria berinisial SB (34) di sebuah pasar tradisional di Jalan Raya Kundi, Waru, Sidoarjo.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved