Breaking News:

Berita Jatim

Elektabilitas Parpol Versi Hasil Survei The Republic Institute, PKB Jadi Yang Tertinggi

Lembaga survei The Republic merilis hasil survei terbaru mereka tentang elektabilitas parpol dalam pandangan masyarakat Jawa Timur terkait Pemilu 2024

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Dr Sufyanto, peneliti utama The Republic Institute, saat memaparkan hasil survei secara daring. Diantara potret surveinya adalah elektabilitas parpol dalam pandangan masyarakat Jawa Timur. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lembaga survei The Republic Institute merilis hasil survei terbaru mereka tentang elektabilitas parpol dalam pandangan masyarakat Jawa Timur terkait Pemilu 2024. 

Dalam survei tersebut, PKB berada di urutan atas dengan angka 25,2 persen. Kemudian ditempel PDI Perjuangan di angka 19,6 persen. Selanjutnya, Partai Golkar dengan angka 11,8 persen, Gerindra 11,7 persen, lalu Demokrat 9,1 persen.

Survei tersebut digelar pada 1-13 September 2021 dengan melibatkan 1.225 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,8 persen. Survei tersebut dilakukan di 38 kabupaten/kota di Jatim. 

Dr Sufyanto, peneliti utama yang juga Direktur The Republic Institute, dari urutan tersebut, nampak angka PKB cukup tinggi. Menurut Sufyanto, besarnya angka elektabilitas PKB itu juga dipengaruhi oleh kinerja kader mereka di sejumlah posisi. 

"Salah satunya karena imbas di beberapa wilayah kabupaten, bupatinya berasal dari kader PKB," kata Sufyanto, saat pemaparan temuan surveinya, dikutip Senin (11/10/2021). 

Sufyanto menyebut, di beberapa daerah yang dipimpin kader PKB sebagai kepala daerah, tingkat kepuasan masyarakat memang berimbas pada partainya. Termasuk pengaruh program yang menyasar langsung masyarakat. Sehingga, hal itu mendongkrak elektabilitas partai. 

Baca juga: Fenomena Baru di Pamekasan Sejak Pandemi Mewabah, Marak Beredar Info Kehilangan Keluarga ODGJ

"Termasuk peningkatan PKB karena masyarakat melihat PKB saat ini lebih harmonis pada tataran kepengurusan," lanjutnya. 

Sufyanto melanjutkan, dari urutan elektabilitas dalam survei tersebut, yang tak kalah menarik adalah posisi Partai Golkar yang merangsek ke urutan ketiga. Jika merujuk hasil Pileg 2019, pergerakan Partai Golkar ini disebut cukup signifikan. 

Dalam penjelasannya, peningkatan angka partai berlambang pohon beringin itu juga dipengaruhi oleh kinerja kader yang bergerak ke tingkat daerah.

Tokoh-tokoh Partai Golkar di Jawa Timur seperti Sarmuji, Sahat Tua Simanjuntak, Zulfikar Arse Sadikin dan Hasan Irsyad. 

Masing-masing tokoh tersebut massif bergerak di beberapa wilayah di Jawa Timur. "Jadi, ada pergerakan yang dilakukan oleh tokoh-tokohnya," ungkap Sufyanto. 

"Disamping kegiatan misalnya vaksinasi dan membantu masyarakat dengan pembagian sembako, itu sangat dirasakan publik," ujarnya melanjutkan. 

Kumpulan berita Jatim terkini
---

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved