Breaking News:

Berita Gresik

Tingkatkan Hasil Panen Padi, Petani di Gresik Basmi Hama Tikus Sebelum Tanam

Kelompok tani (Poktan)  Dusun Gumining, Desa Tambakrejo, Kecamatan Duduksampean kerja sama membasmi tikus secara gropyokan  dan memberi obat tikus

Penulis: Sugiyono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sugiyono
TIKUS - Para petani di Dusun Gumining, Desa Tambakrejo, Kecamatan Duduksampean mengantri untuk meracik racun tikus dan kemudian disebarkan di sekitar lubang tikus, Minggu (24/10/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Kelompok tani (Poktan)  Dusun Gumining, Desa Tambakrejo, Kecamatan Duduksampean kerja sama membasmi tikus secara gropyokan  dan memberi obat tikus di lubang tikus di sawah-sawah, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan tersebut untuk membasmi hama tikus di musim kemarau dan menjelang tanam padi. 

Ketua Poktan Dusun Gumining Nur Kholis mengatakan, pembasmian hama tikus di musim kemarau sangat tepat, sebab banyak tikus yang sembunyi di dalam rongga-rongga tanah. 

Setelah itu, racun tikus yang telah diaduk dengan beras ditebar di sekitar tempat persembunyian tikus. Sehingga, ketika racun tersebut dimakan tikus langsung tewas. 

Baca juga: Viral CCTV 2 Bandit Curi Penutup Gorong-gorong di Depan Resto Surabaya, Identitas Pelaku Bocor?

Dari pembasmian tikus secara bersama-sama tersebut diharapkan bisa mengurangi perkembangan tikus. 

"Kegiatan ini untuk mengurangi  hama tikus. Sehingga saat musim tanam nanti hama tikus sudah berkurang," kata Nur Kholis. 

Lebih lanjut Nur Kholis menambahkan, pentingnya kerja sama membasmi hama tikus ini untuk  mencegah tikus berpindah tempat. "Saat tikusnya pindah temat, ternyata di sawah lain juga diberi racun tikus," imbuhnya. 

Sementara,  Ketua Gapoktan Desa Tambakrejo, Kecamatan Duduksampean Sungatno mengatakan, kegiatan membasmi hama tikus secara gopoyokan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil panen padi. 

"Kegiatan membasmi hama tikus dilakukan pada  sebelum musim tanaman. Setahun dua kali yaitu  musim tanam pertama  dan musim tanam kedua," kata Sungatno. (ugy/Sugiyono). 

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved