Breaking News:

Berita Jember

Antisipasi Pohon Tumbang, Petugas Gabungan Potong Pepohonan Rapuh di Jalur Gunung Gumitir Jember

Antisipasi pohon tumbang di musim penghujan, petugas gabungan memotong pepohonan rapuh di jalur Gunung Gumitir Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Petugas gabungan memotong pohon yang rapuh di jalur Gunung Gumitir Jember, Sabtu (30/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Satuan Lalu Lintas Polres Jember, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, dan pihak Perhutani Jember melakukan pemotongan pohon di jalur Gunung Gumitir, Sabtu (30/10/2021).

Pemotongan ranting dan dahan yang menjulur ke jalan itu sebagai bentuk mitigasi bencana alam di kawasan tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jember, AKP Enggarani Laufria mengatakan, jalur Gunung Gumitir rawan terjadi pohon tumbang saat memasuki musim penghujan. Selain pohon tumbang, kawasan tersebut juga rawan longsor.

"Jadi kami melakukan mitigasi bencana dalam bentuk pemotongan pohon yang rapuh, juga dahan yang menjulur ke jalan. Ini bentuk kepedulian kami terhadap pengguna jalan, sebab kawasan ini rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor," ujar Enggar, Sabtu (30/10/2021).

Selain memangkas pohon yang rapuh dan menjulur ke jalan, petugas juga memberikan sosialisasi kepada warga tentang potensi bahaya tanah longsor di kawasan tersebut.

“Kami juga melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan sosialisasi bencana longsor dan pohon tumbang kepada pengguna jalan, selain itu, kami juga membentuk komunitas yang di dalamnya ada unsur Satlantas, BPBD, Perhutani, dan masyarakat sekitar kawasan Gumitir," tegasnya.

Sedangkan kepada warga pelintas jalur Gunung Gumitir, Enggar mengimbau untuk berhati-hati. Jika hendak memasuki jalur tersebut terjadi hujan lebat atau terjadi angin kencang, sebaiknya pengendara berhenti di tempat aman.

Baca juga: 10 Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang yang Melanda Jember, Satu Mobil Tertimpa

"Sebaiknya berhenti dan mencari tempat aman," pungkas Enggar.

Gunung Gumitir merupakan jalur perbukitan yang menghubungkan Jember-Banyuwangi. Jalur ini merupakan jalur nasional penghubung Pulau Jawa dan Bali.

Karena berada di pegunungan, jalur Gumitir berkelok dengan satu sisi tebing gunung, dan sisi satunya jurang. Pepohonan besar berada di sisi kanan dan kiri jalur tersebut. Jalur itu dikenal sebagai salah satu jalur rawan pohon tumbang dan tanah longsor di Jember.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved