Breaking News:

Berita Trenggalek

Berwisata Sekaligus Belajar di Trenggalek Agropark, Miliki Sarana Edukasi Pertanian dan Peternakan

Kabupaten Trenggalek memiliki sarana edukasi pertanian terpadu yang berada di pusat kota. Namanya Trenggalek Agropark.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/aflahul abidin
Trenggalek Agropark yang merupakan sarana edukasi pertanian dan rekreasi kelaurga di pusat kota Trenggalek. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Kabupaten Trenggalek memiliki sarana edukasi pertanian terpadu yang berada di pusat kota. Namanya Trenggalek Agropark.

Berada di Jalan Soekarno-Hatta, Trenggalek Agropark memiliki kelebihan yang menarik, yaitu berada di pinggir jalan utama menuju pusat kota.

Sebagai sarana edukasi pertanian terpadu, tempat ini memiliki banyak tanaman pangan dan nonpangan yang dikembangkan di lahan seluas kira-kira 1,6 hektare (ha).

Berbagai jenis tanaman ditanam di lokasi tersebut, mulai dari tanaman pangan seperti padi hingga berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Termasuk juga tanaman hias.

Metode tanam di Trenggalek Agropark juga tergolong beragam. Mulai dari tanam cara konvensional, dalam pot, hingga hidroponik.

Baca juga: Pulang Melaut dan Diterjang Banjir dari Sungai, Nelayan Trenggalek Tenggelam, Masih dalam Pencarian

Selain semua itu, Trenggalek Agropark juga mempunyai spot pengembangan tanaman obat keluarga (toga).

Selain tanaman, Trenggalek Agropark juga memiliki area edukasi peternakan. Beberapa jenis hewan dikembangbiakkan di sana. Antara lain, berbagai jenis ikan, bebek, kambing, dan sapi.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, Trenggalek Agropark dibangun sebagai sarana percontohan teknologi pertanian terpadu.

Baca juga: Remaja yang Tenggelam di Ketabang Kali karena Cari iPhone 12 Ditemukan Mengambang di Tengah Sungai

"Di sana juga ada tempat pengelolaan pupuk ogranik untuk tempat edukasi para petani," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Ia menjelaskan, Trenggalek Agropark juga memiliki fasilitas berupa joglo edukasi tani. Joglo ini dibangun untuk masyarakat yang ingin datang secara berombongan untuk dipandu oleh pengelola.

"Mereka yang datang berombongan ke sana, dan membuat janji dengan dinas terkait, bisa mendapat nilai tambah. Ada pemandu yang akan menjelaskan," ujar dia.

Selain untuk sarana edukasi pertanian dan peternakan, Trenggalek Agropark juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi keluarga.

Lokasinya yang berada di pusat kota memudahkan masyarakat untuk datang berkunjung, sekaligus berwisata di sarana yang ada di Trenggalek Agropark.

Baca juga: Pulang Ngopi Tengah Malam, Pengendara Motor di Ponorogo Tewas Jadi Korban Tabrak Lari Truk

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved