Breaking News:

Berita Blitar

Enam Komunitas di Blitar ini Kompak Gelar Donor Darah Bareng dan Bagikan Face Shield

Sebanyak enam Komunitas di Blitar ini kompak menggeelar donor darah secara bersamaan dan membagikan face shield kepada warga.

Editor: Taufiqur Rohman
TribunJatim.com/istimewa
Enam komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) ketika menggelar perayaan Sumpah Pemuda dengan donor darah dan bagi-bagi masker serta face shield ke warga, Senin (8/11/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Enam komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) menggelar perayaan Sumpah Pemuda dengan donor darah dan bagi-bagi masker serta face shield ke warga.

Kegiatan ini dilakukan selain untuk membantu sesama dengan berdonor, juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan dengan memakai masker.

"Kegiatan donor darah yang mengambil tema Bhati Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021 ini mendapatkan sambutan positif dari PMI Kota Blitar, kepercayaan terhadap komunitas menjadi meningkat, karena benar-benar terbukti melakukan donor," ujar koordinator acara donor darah di Blitar, Shilahul Anam, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Silaturahmi Antarkomunitas di Madiun Semakin Erat Lewat Donor Darah

Tahun ini ada 6 komunitas yang ikut mendonor, mereka adalah 5 komunitas Bold Riders yang terdiri dari Sugoi Blitar, YVCI_VB, YRCB (YZF R Series Community Blitar), District Blitar Street Fire (DBS), CCI Blitar, CISC Blitar, serta ikut berpartisipasi 1 komunitas Fans Club CISC Blitar.

Sebelum donor komunitas ini melakukan sosialisasi ke warga sekitar untuk meningkatkan kesadaran di kondisi COVID-19. Total ada 100 masker dan 25 face shield dibagikan ke masyarakat.

"Untuk peserta ada 51 orang yang mendaftar untuk berdonor, pelaksanaan kegiatan ini kami langsungkan selama dua kali, tanggal 17 Oktober dan 24 Oktober 2021, tempatnya di Kantor PMI Kota Blitar," jelas Shilahul Anam.

Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat.

Di bulan Oktober 2021, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan 715 komunitas di 91 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Baca juga: Donor Darah di Jember Diikuti Ratusan Peserta, Pakai Baju Adat dan Sumbang Sayuran

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021.

Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama diantara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah #Setetes Darah Untuk Negeri 2021 akhirnya juga berhasil memecahkan rekor dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak. Penganugerahan 2 rekor sudah diberikan pada Sabtu (6/11).

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak.

Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved