Kebakaran di Surabaya

3 Kos Tak Berpenghuni di Surabaya Terbakar, Pemilik Rumah Sempat Dengar Suara Letusan: Kretek

3 bangunan kos tak berpenghuni di Surabaya terbakar, pemilik rumah sempat mendengar suara letusan: Kretek kretek, listrik mati.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Tiga petak kos di Jalan Gogor Gang Makam, Jajar Tunggal, Wiyung, Kota Surabaya, terbakar, Jumat (12/11/2021) dini hari. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tiga petak kos di Jalan Gogor Gang Makam, Jajar Tunggal, Wiyung, Kota Surabaya, terbakar, Jumat (12/11/2021) dini hari.

Kobaran api melumat bangunan kos satu atap, dengan luas keseluruhan 6 x 6 meter persegi.

Pemilik bangunan kos, Asiyah mengungkapkan, kebakaran itu menimpa tiga bangunan yang dulu sempat disewakannya sebagai kos, saat waktu subuh, sekitar pukul 04.30 WIB.

Lokasinya berada di bagian belakang tepat di sisi timur bangunan rumahnya. Untungnya, kobaran api yang melumat kos tersebut tidak merembet ke rumahnya.

Sebelum diketahui api berkobar melumat langit-langit atap tiga kosnya, Asiyah mengaku sempat mendengar suara aneh seperti letusan berkali-kali laiknya petasan banting, dari arah bangunan kosnya.

Ternyata, setelah diperiksa oleh anak bungsunya, Firman, suara aneh tersebut merupakan suara korsleting listrik pada instalasi kelistrikan di bangunan kosnya.

"Suara kretek kretek, listrik mati, Firman keluar ngecek. dia (Firman) keluar mutus kabel di belakang, takutnya merembet ke rumah depan ini (tetangga)," ujarnya saat ditemui TribunJatim.com, di lokasi, Jumat (12/11/2021).

Kemudian, adik ipar Asiyah, Asmadi mengungkapkan, tiga petak kos tersebut sudah sejak 2019 tidak lagi disewakan. 

Baca juga: DPRD Tekankan APBD Rp 10,4 T untuk Warga, Reni Astuti: Surabaya Butuh Pahlawan Pemulihan Ekonomi

Kemudian, dialihfungsikan sebagai tempat gudang penyimpanan barang tidak dipakai.

"Itu 3 petak kos, ukuran per kos 3 x 4 m. Dalam keadaan kosong sejak lama sudah enggak disewakan. Sejak 2 tahun lalu," ungkap Asmadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya, Dedik Irianto mengungkapkan, pihaknya mengirim sekitar 14 truk pemadam berbagai jenis ke lokasi kebakaran.

"Api pokok padam 05.19 WIB. Pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif 06.01 WIB," jelas Dedik dalam keterangan resminya secara tertulis.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved