Breaking News:

Sosok

Nina Sulaeman, Dosen Muda Sekaligus Pebisnis yang Komitmen Tamatkan Pendidikan Sampai Level Doktoral

Nina Ernawaty Sulaeman., SPd., MM., (29) merupakan dosen muda yang aktif mengajar mata kuliah Bahasa Jepang sekaligus Bisnis Manajemen. 

Dokumentasi Nina Sulaeman
Sosok Nina Sulaeman, Dosen Muda Sekaligus Pebisnis yang Komitmen Tamatkan Pendidikan Sampai Level Doktoral 

Laporan Wartawan Tribunatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Nina Ernawaty Sulaeman., SPd., MM., (29) merupakan dosen muda yang aktif mengajar mata kuliah Bahasa Jepang sekaligus Bisnis Manajemen. 

Menariknya, perempuan kelahiran 22 Mei 1992 ini sampai saat ini masih aktif mengenyam pendidikan level doktoral di universitas kenamaan di Jepang, Kansai University Osaka

Tak hanya itu, Nina sapaan akrabnya, juga mengenyam pendidikan S3 di salah satu universitas di Indonesia. Ia kini aktif menjalani dua program doktoral atau double degree gelar S3. 

Baca juga: Berhenti Jadi General Manager Maskapai Ternama, Pria asal Surabaya Pilih Rintis Usaha Ayam Goreng

"Sedang proses pengerjaan disertasi untuk meraih gelar Ph.D dan doktoral di bidang Manajemen Pendidikan dan Sastra Jepang yang di Osaka. Satu tahunan lagi selesai," jelas Nina, Minggu (14/11/2021)

Perempuan asal Cilacap ini mengungkapkan, ketekunannya mengenyam pendidikan tinggi karena wejangan dari sang ayah. Wejangan tersebut yang dipegang teguh olehnya untuk tak berhenti meraih level tertinggi pendidikan. 

Baca juga: Curhat Pilu Pedagang di Pasar Sayur Kota Batu: di Rumah Tak Ada Kegiatan, ke Pasar Sepi Pembeli

Meski di usianya yang masih muda, prestasi Nina dalam bidang pendidikan tak diragukan lagi. Ia berhasil memperoleh beasiswa pendidikan S1, S2 dan S3 yang saat ini tengah dijalani. 

"Mulai S1 sampai S3 ini saya dapat beasiswa. Dan itu sangat membantu. Makanya saya selalu mendorong untuk ayo perempuan harus berpendidikan tinggi. Dari situ kita bisa survive dengan kemampuan sendiri. Masalah ekonomi tak jadi batasan," ujarnya. 

Baca juga: Kisah Inspiratif Cak Ri, Pedagang Nasgor di Surabaya yang Sukses Beli Rumah Berkat Jadi Mitra Gojek

Nina menyampaikan, sang ayah selalu memotivasinya untuk sekolah tinggi. Dengan memiliki pendidikan dan ijazah, Nina bisa memilih jalan karir yang ia inginkan. Ayahnya ingin, Nina bisa berdiri survive dan berdiri di atas hasil jerih payahnya sendiri. 

Menjadi dosen dua mata kuliah sekaligus di usianya yang masih muda tak pernah terpikirkan oleh Nina. Ia dulu hanya bercita-cita menjadi guru SD ketika masih anak-anak. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved