Breaking News:

Berita Nganjuk

Dinkes Terus Berupaya Dorong Puskesmas di Nganjuk Berikan Pelayanan Sesuai Standar

Dinkes terus berupaya mendorong puskesmas di Nganjuk untuk memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Dinkes Nganjuk menggelar workshop secara virtual dalam upaya peningkatan layanan kesehatan berstandar di puskesmas seluruh Kabupaten Nganjuk, Selasa (16/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk mendorong puskesmas untuk memberikan pelayanan sesuai standar.

Hal itu dilakukan dengan menggelar pelatihan peningkatan pelayanan kesehatan.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kabupaten Nganjuk, Maria Emanuela menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut atas adanya beberapa pergantian pejabat di puskesmas. Mulai Pj UKM, Pj UKL, PJ Mutu maupun kepala tata usaha di beberapa puskesmas di Kabupaten Nganjuk.

Dengan begitu, dikatakan Maria Emanuela, puskesmas bisa lebih termotivasi dan bersemangat mempersiapkan pelaksanaan reakreditasi. Termasuk upaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.

"Termasuk keselamatan pasien yang menjalani perawatan di puskesmas," kata Maria Emanuela, Selasa (16/11/2021).

Sedangkan akreditasi puskesmas, dikatakan Maria Emanuela, merupakan upaya peningkatan akses pelayanan kesehatan yang bermutu dengan mengutamakan keselamatan pasien dan masyarakat. Di mana tujuan utamanya yakni untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap beberapa aspek.

"Antara lain sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan, serta program dan penerapan manajemen risiko," ucap Maria Emanuela.

Baca juga: Ingatkan Warga Nganjuk Tidak Abai Protokol Kesehatan, Satgas Covid-19 Intensif Bagikan Masker Gratis

Maria Emanuela menambahkan, akreditasi bukan hanya sekadar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Lebih dari itu, yaitu sebagai upaya dan pembuktian kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir dan melayani di bidang kesehatan dengan standar dan mutu yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Pusekesmas di Kabupaten Nganjuk nantinya diharapkan telah terakreditasi semuanya sebagai wujud jaminan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat," tutur Emanuela.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved