Breaking News:

Berita Kota Batu

Pemkot Batu Terus Perluas Cakupan Penerima Vaksin Covid-19, Anak 6-11 Tahun Akan Gunakan Sinovac

Pemkot terus perluas cakupan penerima vaksin Covid-19, anak usia 6-11 tahun di Kota Batu akan gunakan vaksin Sinovac.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Prokopim Batu
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 - Pemkot Terus Perluas Cakupan Penerima Vaksin, Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Batu Akan Gunakan Sinovac. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Pemerintah Kota Batu akan memperbanyak cakupan penerima vaksin Covid-19 (virus Corona) dengan menyasar anak usia 6 hingga 11 tahun.

Pemerintah menegaskan, vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia 6-11 tahun telah mendapat izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Maka dari itu, vaksinasi dipastikan aman. 

Meski pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak sudah mendapat izin dari BPOM, namun, masih menanti keputusan Kementerian Kesehatan. Vaksinasi ini perlu dilakukan lantaran anak-anak juga rentan tertular. 

Akhir pekan lalu, cakupan vaksin di Kota Batu untuk dosis pertama telah mencapai 93.71 persen. Sementara dosis kedua mencapai 76.67 persen. Capaian itu sudah memenuhi target kekebalan komunitas, namun Pemkot Batu berupaya agar 100 persen warganya dapat vaksin.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, Susana Indahwati menuturkan, jika sudah ada izin dari Kemenkes, tim akan turun ke sekolah-sekolah. Sejauh ini, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Batu berlangsung dengan baik.

"Sembari itu, kami tetap menyelesaikan vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat umum. Diperkirakan instruksi Kemenkes terbit pada pekan ini," terang Susana Indahwati, Senin (22/11/2021).

Vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun menggunakan vaksin Sinovac. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh BPOM

Ada jeda waktu yang diberikan untuk pemberian vaksin bagi anak usia 6-11 tahun. Susana Indahwati menjelaskan, anak-anak yang memilik penyakit bawaan belum diperkenankan untuk mengikuti vaksinasi tanpa surat pengantar dari dokter spesialis anak. 

Baca juga: Aturan Terbaru Umrah untuk Jemaah dari Luar Arab Saudi, Wajib Pakai 4 Vaksin ini, Usia 18-50 Tahun

"Saat ini tengah masuk masa bias untuk vaksinasi Measles Rubella (MR) dan difteri, pertusis (batuk rejan), dan tetanus (DPT). Mungkin selang satu, dua minggu lagi kami baru bisa melakukan vaksinasi Covid-19,“ katanya. 

Anak-anak yang hendak mengikuti vaksinasi juga diwajibkan membawa surat izin dari orang tua. Selain itu dalam sepakan terakhir, anak tersebut juga tidak boleh batuk, pilek, panas dan diare.

Berdasarkan pengalaman vaksinasi anak usia 12-18 tahun yang telah dilakukan lebih dulu, antusiasme anak-anak sangat tinggi. 

"Untuk vaksinasi kategori tersebut progresnya sangat bagus. Dari target 18.605 anak yang akan divaksin. Saat ini capaiannya sudah 85,16 persen dosis pertama atau 15.844 dan 67,99 persen untuk dosis kedua atau 12.650 anak," tandasnya.

Daftar peserta didik jenjang SD/MI di Kota Batu, totalnya ada 15.528 siswa-siswi. Dengan rincian 11.931 siswa-siswi bersekolah di sekolahan negeri dan 3.597 siswa-siswi bersekolah di sekolahan swasta. Total siswa-siswi tersebut berasal dari 93 SD/MI se-Kota Batu.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved