Breaking News:

Berita Jember

UMK Jember Tidak Naik Dua Tahun Berturut-turut, Sarbumusi: Miris, Kaget dan Kecewa

UMK Jember tidak naik dua tahun berturut-turut, Sarbumusi: Miris, kaget dan kecewa. Mengaku akan menggelar aksi protes.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA
Ilustrasi UMK Jember 2022 - UMK Jember tidak naik dua tahun berturut-turut, Sarbumusi: Miris, kaget dan kecewa. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jember tidak naik dua tahun berturut-turut

Berdasarkan data, UMK Jember 2021 sebesar Rp 2.355.662,91 sama dengan UMK 2020. Dan di Keputusan Gubernur Jawa Timur perihal UMK 2022, UMK Jember juga masih tetap, yakni di angka Rp 2.355.662,91.

"Miris, karena tidak naik. Saya juga kaget, setelah mendengar keputusan gubernur tadi pagi. Tentu saja kecewa," ujar Ketua Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Jember, Umar Faruk kepada Tribun Jatim Network, Rabu (1/12/2021).

Angka yang diketok oleh gubernur itu tidak sama dengan yang direkomendasikan oleh Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab) Jember. Hal itulah yang membuat kaget Umar Faruk, Sarbumusi, juga sejumlah serikat pekerja di Jember.

Umar Faruk menegaskan, Depekab Jember merekomendasikan UMK Jember 2022 Rp 2,4 juta. Usulan UMK dari Depekab itu sudah diajukan ke Bupati Jember Hendy Siswanto pada November 2021 kemarin.

"Rekomendasi dari Depekab itu Rp 2,4 juta, dan itu sudah kami sampaikan ke bupati. Kalau ternyata sekarang masih tetap di angka Rp 2.355.662,91, ini kesalahan ada di mana. Kalau negatif thinking kami, apakah bupati tidak menyerahkan rekomendasi sebesar Rp 2,4 juta ke gubernur, atau gubernur yang mengubah. Intinya permasalahan ada di pemerintah," tegas Faruk yang juga masuk di unsur Depekab Jember.

Rekomendasi UMK Jember 2022 sebesar Rp 2,4 juta itu sudah penuh kompromi, lanjut Faruk. Karena jika mengacu kepada perhitungan Sarbumusi, kenaikan ideal untuk UMK 2022 sebesar 8,51 persen sehingga ketemu nilai Rp 2.556.128,-.

Baca juga: BREAKING NEWS - Gubernur Khofifah Resmi Tetapkan UMK 2022 Jatim, Berikut Rincian Nominalnya

Besaran UMK Jember 2022 yang disahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuat buruh Jember tak puas. Karenanya, mereka mengaku akan melakukan protes dan aksi pekan depan.

"Kami akan melakukan aksi pekan depan memprotes UMK ini," tegas Faruk.

Sementara itu, dari Pemkab Jember belum bisa dikonfirmasi terkait UMK 2022. Bupati Jember Hendy Siswanto masih berada di luar kota. Sedangkan Dinas Tenaga Kerja Pemkab Jember baru ditinggal pensiun kepala dinasnya per 1 Desember 2021, dan belum ada pejabat definitifnya.

Sekretaris Disnaker Diana Manfaati meminta Tribun Jatim Network mengkonfirmasi perihal UMK ke bidang yang membidangi UMK.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved